Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Jitu Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Cara Jitu Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows ~ Saat anda menyalakan ataupun merestart komputer dan ternyata komputer hanya menampilkan error atau blue screen, maka anda mengalami salah satu permasalahan yang sering muncul bagi pengguna komputer. Permasalahan tersebut adalah komputer tidak bisa masuk windows. Permasalahan ini muncul karena proses booting dari komputer yang tidak sempurna atau ada kemungkinan proses booting-nya terhenti ditengah jalan.

windows-failed-to-start-0xc000000e-625x480

Komputer gagal masuk ke windows

Sebagai orang awam di dunia komputer mungkin anda akan panik dan bingung atas munculnya masalah ini. Mungkin anda akan berpikir apakah komputer anda rusak dan sebagainya. Tapi sebelum menjadi panik, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab komputer tidak dapat masuk ke windows. Pengetahuan ini tentu akan sangat membantu anda ketika dihadapkan pada masalah sejenis di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer anda tidak dapat masuk ke windows :

  1. Ada file yang tidak sengaja terhapus dalam Sistem Operasi Windows
  2. Ada kemungkinan virus, spyware ataupun Trojan yang ikut loading saat anda men-start up komputer.
  3. Ada kerusakan pada file atau driver yang menyebabkan windows gagal dalam membacanya.
  4. Sistem Operasi Windows yang rusak atau belum diinstal.
  5. Ada setting BIOS yang settingannya dirubah atau tidak benar.

Baca juga artikel ini Cara Reset BIOS Komputer PC

Dari beberapa alasan yang dikemukakan diatas, anda dapat mencoba mengecek dan mengatasi masalah-masalah tersebut dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut :

Dari beberapa alasan yang dikemukakan diatas, anda dapat mencoba mengecek dan mengatasi masalah-masalah tersebut dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut :

safe-mode

Safe Mode

  1. Cobalah start-up dengan menggunakan Safe Mode

Anda dapat menekan  F5 dari keyboard anda ketika komputer pertama kali akan masuk ke windows. Kemudian pilih Safe Mode, ketika komputer berhasil masuk ke windows berarti akan ada loading yang tidak dapat dibaca oleh windows dengan benar. Coba matikan loading tersebut dengan menggunakan “MSconfig” pada langkah start-up. (Start => run => Msconfig).

  1. Cara paling mudah untuk memulihkan komputer yang tidak dapat masuk ke windows adalah dengan cara repair windows. Masukkan CD instalasi windows kemudian ubah BIOS untuk mencoba start-up via CD atau DVD-ROM, kemudian setelah instalasi masuk ke bagian install windows maka pilih opsi repair windows. Anda dapat menginstal windows ke folder baru atau lakuka format harddisk jika repair windows gagal.
  2. Pastikan bahwa anda tidak mengubah setting BIOS sebelumnya. Jika memang anda telah merubah setting BIOS maka kembalikan setting BIOS seperti semula. Jika anda lupa, sebaiknya pilih Loading BIOS Default.
  3. Kerusakan pada Driver VGA Card juga dapat menjadi penyebab komputer tidak dapat masuk ke windows. Untuk penyebab ini, anda dapat mencoba untuk melakukan Safe Mode lalu uninstall Driver VGA Card yang rusak kemudian install ulang Driver VGA yang benar ketika masuk ke windows secara normal.

Jika keempat cara diatas sudah anda lakukan dan ternyata anda gagal, maka ada kemungkinan bahwa salah satu hardware anda mengalami kerusakan. Biasanya hardware yang mengalami kerusakan adalah Memory Harddisk VGA dan mungkin saja Mainboard juga rusak, tetapi kerusakan Mainboard merupakan kemungkinan paling kecil

Dan itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan jika komputer anda gagal masuk ke windows. Jadi jangan terlalu panik atau langsung berpikir untuk pergi men-service-kan komputer anda. Coba lakukan beberapa tips diatas dan cari tahu dimana letak  kerusakan pada komputer anda. Selamat mencoba..

Baca juga artikel ini Macam-Macam VGA Card dan Fungsinya

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *