Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak ~ Kini komputer memang tidak selangka dulu, hampir setiap orang memiliki perangkat satu ini. Hal ini disebabkan oleh semakin terjangkaunya harga komputer dan disisi lain banyak orang yang mulai sadar untuk meningkatkan taraf hidup dengan mulai mengenal majunya teknologi.

Meski dapat dikatakan bahwa komputer bukan lagi barang yang wah dan terbatas dimiliki oleh kalangan tertentu. Tetapi tetap saja sebagai pemilik anda harus merawat komputer anda agar tidak mudah rusak dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Banyak orang yang menyepelekan untuk merawat komputer, karena bagi mereka masih ada tukang service yang akan memperbaiki komputer mereka.

Tapi bukankah lebih bijak jika anda sebagai pemilik merawat barang anda agar anda tidak perlu memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru? Mencegah lebih baik daripada mengobati lho.. Kali ini akan kami bagikan tips untuk merawat komputer agar tidak mudah rusak, simak ulasannya berikut ini :

Baca juga artikel ini Cara Kerja CPU Komputer

1. Bersihkan CPU komputer

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Rajinlah membersihkan CPU komputer anda setidaknya 6 bulan sekali. Karena menumpuknya debu pada CPU akan memicu komputer cepat rusak. Untuk membersihkan cpu caranya sangatlah mudah.

Sediakan beberapa tools seperti obeng, blower atupun kuas hingga kain tipis yang lembut dan tipis. Buka cashing cpu dan hidupkan blower untuk mengeluarkan semua kotoran atau debu yang menumpuk di dalam cpu.

2. Hindari untuk menggunakan komputer disaat hujan lebat.

Hal ini karena koneksi internet sangat dipengaruhi dengan cuaca. Jika hujan sedang lebat maka kemungkinan jaringan komputer tersambar petir cukup besar.

3. Matikan komputer sesuai dengan prosedur

Meski anda terburu-buru jangan pernah memaksa komputer mati jika masih on progress. Hal ini dapat menyebabkan melemahnya sistem komputer dan memicu komputer cepat rusak.

4. Uninstall program yang tidak terpakai

Jika ruangan harddisk tersita oleh terlalu banyak file atau program, akan membuat harddisk bekerja lebih keras dan memicunya cepat rusak.

5. Aktifkan sistem restore pada komputer

Mengaktifkan sistem restore pada kompute anda dapat mencegah komputer anda mengalami kerusakan lebih awal.

6. Hindari komputer overheating

Panas yang berlebih akan membuat komponen komputer cepat panas dan memperpendek umur komponen. Hal ini tentu akan mempercepat kerusakan pada komputer. Berdayakan cooling fan anda.

7. Gunakan kabel ground

Jika anda merasakan ada arus listrik di casing komputer sebaiknya netralisir arus tersebut agar komponen komputer lebih awet. Anda bisa menetralisir arus listrik yang nyasar ke komputer anda dengan kabel ground.

8. Jangan menggunakan laptop diatas kasur

Kasur adalah benda yang meresap panas, jika anda menggunakan komputer diatas kasur maka sama saja anda memanaskan komputer anda. ingat bahwa overheating dapat memicu kerusakan komputer lebih cepat.

9. Hindari meletakkan benda diatas laptop

Meletakkan benda diatas laptop dapat memicu rusaknya LCD laptop anda, apalagi jika benda yang diletakkan memiliki beban berat.

10. Jauhkan benda cair dari laptop anda

Semua barang elektronik akan cepat rusak jika terkena benda cair, termasuk laptop dan komputer,

11. Jangan menggunakan laptop hingga baterai 0%

Kebiasaan ini seringkali terjadi pada banyak orang, tetapi anda harus tahu bahwa jika anda menggunakan laptop hingga baterai mencapai 0% berkali-kali akan membuat usia baterai semakin pendek.

12. Nonaktifkan perangkat eksternal yang tidak diperlukan

Perangkat luar seperti wifi, USB dll akan lebih baik anda matikan jika tidak terpakai. Hal ini dapat membantu untuk menghemat daya baterai.

13. Gunakan alas yang datar ketika mengoperasikan komputer

Menggunakan komputer dengan posisi miring atau tidak rata akan memicu harddisk komputer anda cepat rusak.

14. Gunakan antivirus atau anti malware

Beberapa virus atau malware berbahaya mampu membuat komputer anda rusak atau tidak bisa di gunakan lagi. Hal ini karena virus berbahaya mampu membuat komputer anda bekerja di luar batas normal, seperti membuat cpu bekerja terus menerus dengan performa tinggi yang akan menyebabkan overheat hingga penggandaan data secara terus menerus di hardisk anda.

Untuk itu gunakanlah antivirus dan antimalware yang terupdate, bilamana program jahat menyelusup akan dapat terdeteksi.

Semoga beberapa tips diatas dapat bermanfaat bagi anda semua, sayangi dan jaga laptop atau komputer anda. Baca juga artikel ini Tips Untuk Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Share this -->
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *