Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Kerja CPU Komputer

Cara Kerja CPU Komputer ~ Komputer merupakan perangkat yang sangat penting dalam kehidupan manusia, tidak hanya untuk keperluan kantor dan sekolah namun juga dapat digunakan sebagai saran berkomunikasi antara satu orang dengan yang lainnya melalui internet dengan menggunakan media PC.

CPU

Komputer dilegkapi dengan perangkat keras lainnya seperti keyboard, mouse serta CPU yang menjadi otak dari piranti ini. CPU memiliki kepanjangan dari central processing unit yang mengontrol semua sistem yang ada pada komputer anda.

Sebagai otak dalam memproses data perangkat keluaran ini memiliki komponen didalamnya yang saling berkaitan satu sama lain. Komponen yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca juga artikel ini Jenis-Jenis RAM Komputer

  1. Control unit yang merupakan pengendali serta yang mengatur sistem dalam komputer, control unit inilah yang mengatur alat input dapat menerima data lalu menampikannya dalam monitor anda.
  2. Main memory yang mana disebut juga dengan main storage yang memiliki fungsi untuk menyimpan data yang akan diolah oleh komputer. Main memory sendiri terdiri dari ROM yaitu Read Only Memory yang merupakan rakitan asli dari pabrik sehingga tidak untuk diubah oleh pengguna. Selain ROM ada RAM yaitu Random Acces Memory yang dapat difungsikan sebagai tempat menyimpan sementara setiap aplikasi yang akan masuk.
  3. Aritmatic & Logical Unit atau dikenal juga dengan ALU yang mana difungsikan untuk memanipulasi bit untuk kebutuhan program serta perhitungan dalam komputer yang berupa aritmatika.

Cara Kerja Komputer

Selain komponen diatas ada pula cara kerja CPU yang dapat anda pelajari sebagai berikut :

  1. Pertama yang perlu anda ketahui dengan mekanisme kerja CPU adalah input. Seperti namanya input adalah tahap untuk melakukan tranmisi data bisa berupa hardware seperti keyboard, mouse atau printer.
  2. Tahap kedua adalah proses dimana input pada tahap awal tadi diproses menjadi ke sistem output. Ketika dalam tahap proses semua sistem bekerja penuh dalam mengolah data mulai dari RAM yang membawa tugas dalam membaca kecepatan data, power supply yang berguna untuk menyediakan asupan listrik dalam komputer, hardisk yang berguna dalam menyimpan data, VGA yang membantu dalam mengolah data grafis, soundcard untuk masalah yang berhubungan dengan audio-output. Masih ada lagi yang membantu komputer anda dalam tahap proses seperti modem yang dapat anda gunakan bila ingin berhubungan dengan internet dan semua hardware tersebut saling bekerja sama yang terkoneksi dengan motherboard.
  3. Bila telah melewati tahap proses maka akan dihasilkan suatu output dimana suatu tahap terakhir dari alur kerja setelah proses. Beberapa perangkat yang termasuk golongan dari output diantaranya adalah speaker, scanner, printer, monitor dan headset. Komputer sendiri sebenarnya terbagi atas tiga bagian utama yang saling terkait yaitu CPU yang merupakan pengendali dan pengatur, memori yang berfungsi menyimpan data dan input atau outputnya.
  4. Prosesor dimana semua pengolahan diatur disini sehingga semua perintah yang diperintahkan dapat dihasilkan dengan cepat.

Bila secara teknis ditelusuri lebih dalam cara kerja komputer dimulai dari saat intruksi dimasukan ke processing-device yang ditaruh kedalam RAM dan apabila intruksi tersebut telah terbentuk maka akan diregisterkan. Control unit akan mengambil tugas setelahnya dan apabila intruksi berbentuk logika dan aritmatika maka tugas akan diambil alih oleh ALU dan ditampung di accumulator. Jika hasilnya telah siap akan diteruskan oleh control unit ke output storage dan akan ditampilkan ke output devices.

Baxa juga artikel ini Perbedaan Memori RAM dan Harddisk

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *