Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Kerja Memori Komputer, Baca Ini

Cara Kerja Memori Komputer, Baca Ini ~ Memori merupakan perangkat keras yang fungsinya begitu penting. Di dalam komputerĀ ada berbagai macam memori seperti RAM, ROM, Cache, Static RAM, Dinamic RAM, Flash memory, VGA, BIOS dan sebagainya.

Sesuai dengan namanya fungsi dasar memori adalah untuk menyimpan data, instruksi, file baik itu untuk sementara ataupun permanen.

Seiring berkembangnya teknologi komputer, memori juga tidak ketinggalan untuk melakukan pengembangan demi mengimbangi kecepatan perangkat lainnya seperti prosessor.

Baca: Merek prosesor terbaik versi perangkatkeras.net

Jika pada zaman prosesor Pentim, kompuer cukup dengan menggunakan RAM 512 MB atau 1GB, sekarang pada era core i3, core i5, core i7 tentu saja kapasitas tersebut tidak di gunakan lagi karena tidak mendukung untuk menyimpan data dalam jumlah besar untuk menjalankan multitasking.

Performa sebuah komputer sangat di tentukan seberapa hebat prosesor yang di gunakan, namun sebuah prosesor juga tidak akan bekerja maksimal jika memori RAM yang di gunakan tidak sebanding.

Pada postingan ini kita akan lebih fokus mengulas cara kerja memori RAM.

Cara Kerja Memori Dalam Sistim Komputer

Gambar: Hirarki Memori

Baik, tanpa berlama waktu berikut saya coba jelaskan secara singkat bagaimana cara kerja dasar memori RAM.

Setiap perintah atau instruksi yang kita berikan pada komputer, entah itu anda mengetikkan huruf, angka dari keyboard, membuka aplikasi, menjalankan sistim operasi windows atau aplikasi, pertama perintah yang anda berikan akan disimpan di dalam memori sementara yang kita kenal dengan RAM.

Instruksi atau data di simpan dalam sebuah lokasi memori yang di presentasikan dalam sistim bilangan heksadesimal (basis 16).

Berikutnya processor akan melacak lokasi data tersebut secara random dan melakukan tugas membaca dan menulis data dari mereka, proses ini biasanya kita kenal dengan eksekusi data.

Jadi, prosesor selalu mengambil data dari hardisk melalui RAM, namun jika kapasitas RAM tidak mencukupi, maka windows otomatis akan membuat virtual menggunakan space memori hardisk yang masih kosong, file-file yang tidak tertampung pada RAM akan di alihkan ke virtual memori yang telah dibuat di hardisk.

Jika prosesor membutuhkan file atau instruksi yang ada dalam memori virtual, prosesor akan mengambil data yang berada pada hardisk, pada saat inilah kinerja prosesor akan menjadi lambat karena transfer data dari virtual memori tadi sangat lambat di banding file dari RAM.

Hal ini dapat terjadi karena hardisk merupakan mechanical device yang jauh bekerja lebih lambat dalam pemrosesan di banding RAM yang merupakan digital device.

Baik, demikian dulu tulisan cara kerja memori komputer, semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel singkat ini.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *