Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Rusak

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Rusak ~ Hardisk yang mengalami corrupt atau not recognized hampir selalu berhubungan dengan port USB, kabel, file yang rusak, atau driver windowsnya yang mungkin memang bermasalah.

Penggunaan hardisk eksternal pada dasarnya tidak akan menimbulkan masalah besar bagi penggunanya, baik itu untuk jenis hardisk eksternal atau flashdisk, tinggal colokkan ke port USB maka hardisk eksternal bisa digunakan. Kecuali memang masalah di atas sedang terjadi.

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Rusak

Oleh karena itu, kita harus pandai mendeteksi gejala dan cara memperbaiki hardisk eksternal yang rusak.

1. Periksa kabel atau Port USB

Seperti yang telah dikemukakan, sistem pemasangan hardisk eksternal adalah dengan menyambungkan ke port USB, alias mencolokkannya.

Jika hardisk eksternal tidak terdeteksi maka sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak. Ada kemungkinan port USB longgar sehingga pemasangan tidak terdeteksi atau kabel hardisk yang longgar.

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Rusak cek port

Setelah diperiksa secara benar, silahkan mulai kembali colokkan dan tunggu reaksi wndows mendeteksi hardisk eksternal. Jika masih tidak terdeteksi, lakukan langkah berikutnya dengan mencoba menyambungkan hardisk ke komputer lain.

Jika berfungsi, berarti port USB komputer kita yang rusak, bisa jadi kerusakan fisik seperti longgar atau patahnya lempeng di dalamnya, atau kerusakan pada software driver USB.

Coba juga hubungkan hardisk ke port USB lain di komputer kita (tidak hanya di satu port) agar memastikan kerusakannya.

Jika tidak terbaca di satu port USB saja maka berarti kerusakan terjadi di port USB yang dipakai, namun jika setelah dicoba di keseluruhan masih tidak berfungsi maka ada kemungkinan software komputer yang mengalami masalah.

2. Hardisk Eksternal Rusak

Meneruskan langkah pertama, kemungkinan kedua yang terjadi tentu saja berasal dari kerusakan hardisk eksternalnya sendiri. Masalah ini dapat terjadi karena beberapa driver tidak dikenali sehingga file system tidak terbaca atau ada kerusakan lain.

Oleh karena itu, coba hubungkan hardisk eksternal dengan komputer lain selain komputer kita. Jika di komputer lain masih tidak terdeteksi maka tentu saja itu berarti hardisknya sendiri yang bermasalah.

Baca juga:

3. Restart

Cara memperbaiki hardisk eksternal yang rusak selanjutnya adalah dengan melakukan restart. Restart yang dimaksud di sini bukan berarti restart komputer, namun restart pemasangan hardisk eksternalnya.

Setelah dinyalakan kembali, kemudian buka Disk Management dengan cara mengklik Windows Key + R, kemudian ketikkan diskmgmt.msc ke kolom dialog Run dan tekan Enter.

Di sini kita akan melihat daftar drive disk management yang tidak dapat dilihat di windows.

Jika hardisk eksternal masih terdaftar di sini namun masih tidak terdeteksi di My Computer, maka ada kemungkinan hardisk belum dipartisi, dan cara mempartisinya adalah dengan megklik kanan data hardisk eksternal kemudian pilih partisi dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Namun jika hardisk masih tidak terdaftar setelah mengetikkan diskmgmt.msc ke kolom dialog Run seperti di atas, maka  berarti kita perlu melakukan formating system agar windows bisa mendeteksi hardisk eksternal.

Demikian beberapa cara memperbaiki hardisk eksternal yang rusak secara manual dan sederhana sebelum memutuskan untuk membawa kerusakan ke tempat servis atau mengganti hardisk baru.

Beberapa hal di atas hanya berlaku sebagai pertolongan pertama, jika masih tidak berfungsi maka berarti sudah saatnya hardisk diganti baru.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *