Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak Atau Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak Atau Tidak Berfungsi ~ Pernahkah kamu mengalami keyboard yang tiba-tiba tidak berfungsi? Terkadang ketika kita asyik mengetik, salah satu huruf tidak muncul di layar saat ditekan.

Hal ini tentu tidak menyenangkan terlebih jika banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan dengan laptopmu. Lalu bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi? Mari kita simak beberapa cara sederhana berikut ini:

1. Periksa apakah ada benda yang terselip disela-sela keyboard.

Biasanya kita menghabiskan waku didepan laptop dan melakukan berbagai aktifitas atau multi tasking dalam satu waktu, misalnya mengetik sambil makan snacks.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi dengan membersihkan remah-remah

Remah-remah dari snacks tanpa kamu sadari berjatuhan ke laptopmu dan terjebak di sela-sela keyboard.

Jika ini terjadi , Anda bisa matikan laptop terlebih dahulu dah miringkan atau balik laptop agar remah-remah dapat keluar. Kemudian hidupkan lagi dan coba cek fungsi keyboard kembali.

2. Gunakan cleaner atau vacuum

Selain remah-remah sisa makanan, keyboard yang tidak berfungsi biasanya juga dikarenakan debu yang sudah banyak terakumulasi disela-sela keyboard.

Jadi, cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi bisa kamu lakukan dengan membersihkan keyboard menggunakan vacuum.

membersihkan keyboard laptop dengan vacumm dan kuas

Atau, gunakan kuas halus untuk mengangkat debu-debu tersebut.

3. Reboot laptop

Biasanya, jika ada yang tidak berfungsi dengan baik di laptop, solusi yang paling cepat adalah dengan melakukan reboot.

Caranya mudah, cukup dengan melakukan restart. Atau jika terdapat masalah seperti sulit untuk di reboot, tekan saja tombol power selama beberapa detik sampai laptop mati.

Kemudian, diamkan selama beberapa menit dan hidupkan kembali. Biasanya cara ini ampuh untuk mengatasi masalah keyboard yang bermasalah.

Baca juga:

4. Hilangkan kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk apa yang bisa mempengaruhi tidak berfungsinya keyboard? Salah satunya adalah kebiasaan untuk mematikan laptop tanpa melakukannya secara manual dengan meng-klik tombol shut down atau matikan.

Kebiasaan ini bisa merusak beberapa fungsi laptop yang lainnya selain fungsi keyboard. Jadi, sebaiknya pastikan untuk mematikan laptop dengan baik, dan jangan langsung menutup laptop ketika ia masih dalam keadaan panas.

5. Memperbaiki koneksi di motherboard

Jika kamu sudah terbiasa berurusan dengan IT, maka kamu bisa memperbaiki sendiri keyboard yang rusak dengan menyambungkan kabel keyboard yang terhubung dengan motherboard.

Ini biasanya karena sambungan kabel tersebut terlepas sehingga keyboard tidak berfungsi dengan baik.

Dengan menyambungkan kembali kabel tersebut maka keyboard akan kembali berfungsi dengan baik.

Hal ini mudah dilakukan bagi yang berpengalaman dalam bongkar-membongkar electronic device. Namun, jika kamu tidak yakin, sebaiknya tidak melakukan cara ini karena dikhawatirkan akan merusak bagian penting didalamnya.

6. Pakai keyboard USB

Jika kamu ada pekerjaan yang mendesak untuk cepat diselesaikan, maka tidak ada salahnya menggunakan keyboard USB untuk sementara waktu.

Meskipun agak sedikit ribet, setidaknya ini cara alternatif yang bisa dilakukan dalam keadaan terdesak.

Cukup dengan menyambungkan keyboard pada lubang USB laptop maka kamu sudah bisa mengetik kembali seperti semula.

Menggunakan usb keyboard di laptop

Jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil untuk mengembalikan fungsi keyboard laptop Anda, maka solusi terakhir adalah dengan membawanya ke service center terpercaya untuk didiagnosa oleh para profesional.

Jika laptop masih bergaransi, maka Anda bisa membawanya ke original service center sesuai dengan merk laptop.

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi yang bisa Anda aplikasikan ketika mengalami bad day seperti itu.

Jika laptop sudah kembali normal, pastikan untuk melakukan pemakaian dengan bijak dan tidak berlebihan, agar ia bisa lebih tahan lama dan tidak sering mengalami gangguan.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *