Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Memperbaiki Motherboard Yang Rusak

Cara memperbaiki motherboard yang rusak ~ Motherboard merupakan salah satu elemen paling penting pada komputer. Ia memiliki peran yang cukup vital dalam mengatur jalannya berbagai fungsi yang ada didalamnya.

Motherboard atau disebut juga sebagai papan induk komputer bertugas untuk mengatur tata letak dan koordinasi antar komponen, seperti memastikan kinerja antara RAM, Processor, VGA, input device dan lain-lain dapat saling bekerja sama agar komputer dapat bekerja sebagaimana fungsinya.

Cara Memperbaiki Motherboard Yang Rusak

Rangkaian Motherboard komputer

Power connector, BIOS, slot memory adalah beberapa komponen penting yang fungsinya sangat berpengaruh pada kinerja PC.

Namun, tidak jarang kalau motherboard mengalami masalah sehingga biasanya pengguna langsung panik dan ingin buru-buru membawanya ke tukang service.

Tunggu dulu! Kamu bisa mencoba cara memperbaiki motherboard yang rusak seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

Pertama kita harus pahami dulu beberapa penyebab kerusakannya sebelum memperbaiki!

* Masalah pada power supply

Motherboard memiliki dua koneksi power supply. Kemungkinan salah satu dari kedua koneksi tersebut terlepas sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Power supply akan bertugas untuk mendistribusikan arus ke seluruh rangkaian motherboard untuk memastikan semua komponen yang ada didalamnya bekerja sebagaimana fugnsinya.

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati dengan ganti baru

Jika power supply bermasalah seperti mati total, atau tidak stabil, bisa dipastikan motherboard komputer anda tidak akan bekerja normal, atau bahkan juga mati total jika power supply tidak mengirimkan arus atau daya.

jadi, seblum memvonis motherboard rusak, sebaiknya pastikan dulu power supply komputer bekerja normal.

* Adanya komponen yang belum terpasang dengan baik

Terkadang ada beberapa komponen yang belum ter-install atau dipasang  dengan baik, sehingga motherboard tidak bekerja.

Inilah beberapa alternatif cara memperbaiki motherboard yang rusak yang bisa dilakukan sendiri.

1. Periksa power supply

Jika motherboard mengalami masalah karena power supply, maka hal ini biasanya menyebabkan PC mati total.

Oleh karena itu, pastikan untuk mencabut/melepaskan kabel power yang tersambung ke power supply, buka cashing komputer dan kelurakan power supply yang tidak bekerja.

Jika Anda mahir reparasi elektronik, kerusakan power supply mungkin bisa anda perbaiki, namun jika kerusakan bersifat parah, sebaiknya ganti saja dengan poer supply baru.

Harga power supply cukup murah, barangkali hanya sekitar  Rp 200 ribu- 400 ribu  rupiah saja.

2. Periksa beberapa komponen penting didalamnya

Ada beberapa penyebab yang menjadikan motherboard mati seperti fan yang tidak berputar, Clear CMOS yang tidak berada pada posisi clear, serta IC chipset yang tidak tersambung.

Jika fan processor mati, Anda bisa ganti dengan yang baru. Harganya cukup murah, hanya sekitar Rp 80 ribu hingga Rp 150 ribu saja.

3. Perbaiki masalah yang terjadi

Jika terjadi masalah pada salah satu komponen yang telah disebutkan diatas, maka kamu bisa memperbaikinya atau mengganti jika salah satu komponen tersebut ternyata memang sudah rusak.

4. Bersihkan motherboard

membersihkan motherboard komputer

Jika tidak terjadi kerusakan apapun pada komponen-komponen didalam motherboard maka kamu hanya cukup untuk membersihkannya dengan tiner.

Kemudian, tunggu sampai kering untuk kemudian tutup kembali dan coba untuk dihidupkan.

5. CPU tidak mau menyala setelah dibersihkan

Jika setelah dilakukan step-step diatas, namun cpu masih tidak mau menyala, berarti masih ada masalah yang biasanya berhubungan dengan prosesor.

processor komputer rusak

Buka cashing, dan perhatikan kondisi fisik processor, apakah terjadi kerusakan fisik atau motherboard ada yang mengalami kerusakan jalur.

6. Mengganti kipas prosesor

mengganti kipas processor

Kamu bisa kembali membuka motherboard dan periksa apakah kipas prosesor overheating atau berhenti berfungsi. Jika ya, kamu bisa mengganti kipas processor dengan yang baru.

7. Periksa memori

Jika kipas prosesor ternyata masih bagus, kemungkinan masalah ada pada memori. Jika saat PC dihidupkan terdapat bunyi bip 3 kali berarti memori mengalami masalah.

Oleh karena itu, bersihkan memori dengan cara mencabutnya terlebih dahulu dalam keadaan PC yang mati. Kemudian pasangkan kembali dan coba lagi apakah PC bisa berfungsi kembali.

membersihkan memori ram komputer

Jika cara diatas tidak mampu mengembalikan fungsi motherboard PC-mu, maka ada kemungkinan bahwa terdapat kerusakan pada IC.

Hal ini berarti kamu tidak bisa memperbaikinya sendiri, karena untuk melakukannya dibutuhkan keahlian khusus pada IT.

Sebaiknya Anda membawa PC pada para profesional agar kerusakan tidak bertambah parah.

Cara memperbaiki motherboard yang rusak seperti telah diuraikan diatas terkadang bisa dilakukan sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus. Cukup dengan tools sederhana seperti obeng pembuka cashing, pembersih seperti blower, vacuum dan lain-lain.

Namun, sebelum memutuskan untuk memperbaiki motherboard, pastikan bahwa PC dalam keadaan mati dan kabel power sudah tidak terpasang untuk menghindari arus pendek atau sengatan listrik yang dapat membahayakan keselamatan.

Demikianlah artikel cara memperbaiki motherboard yang rusak semoga bermanfaat untuk kita semua.

Simak juga artikel: Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *