Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati ~ Komputer saat ini sudah menjadi benda wajib yang kita miliki untuk dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan tertentu.

Sehingga perannya sangatlah penting. Namun, benda elektronik apapun itu tidak akan bisa terlepas dari masalah, terlebih jika sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu masalah yang cukup sering terjadi adalah power supply komputer yang mati. Jika ini terjadi, barangkali kita butuh beberapa tips atau cara memperbaiki power supply komputer yang mati agar dapat berfungsi normbal kembali.

Namun, sebelum membahas cara memperbaiki, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa tanda dan penyebab power supply komputer yang bermasalah:

  • Komputer tidak hidup saat tombol power ditekan. Untuk menghidupkan komputer, satu-satunya cara adalah dengan menekan tombol power. Dan jika komputer tidak juga hidup atau menunjukkan suara maka power supply memang bermasalah.
  • Terdapat beberapa kabel atau colokan yang belum terpasang dengan baik adalah salah satu indikasi dari tidak berfungsinya power supply. Maka, pastikan untuk mengecek sambungan-sambungan yang diperlukan sebelum menghidupkan komputer.
  • Proses booting yang cenderung lama. Kemudian terjadi rebooting secara tiba-tiba, juga menjadi ciri power supply yang bermasalah. Selain itu, suara bip yang terus menerus juga bisa menjadi indikasi kuat terjadi masalah dengan power supply.
  • Panas berlebihan yang disebabkan oleh fan atau kipas pada komputer biasanya mempengaruhi fungsi power supply sehingga sulit untuk booting atau reboot secara tiba-tiba.

Dengan mengetahui ciri dan penyebab rusaknya power supply diatas, maka penting sekiranya untuk kita mengetahui cara memperbaiki power supply komputer yang mati.

Perlu diingat, power supply yang mati biasanya akan sulit diperbaiki, khususnya jika anda tidak begitu mahir dengan elektronik atau tekhnik reparasi komputer. Jikapun bisa diperbaiki biasanya biayanya akan mahal.

Jadi cara terbaik adalah membeli power supply komputer dengan kondisi baru. Harga power supply dipasaran mungkin dijual dengan harga yang berbeda-beda, namun pada umumnya harganya cukup murah, yakni sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu saja.

Oke, langsung saja berikut cara memperbaiki power supply yang mati dengan mengganti baru.

1. Pastikan semua dalam keadaan mati dan cabut kabel apapun dari terminal. Pakai sarung tangan jika diperlukan.

Kemudian, lepas casing PC dan lepaskan semua kabel konektor yang tersambung ke Hard disk, dan bagian-bagian penting lainnya. Setelah itu, lepaskan juga konektor dari power supply yang tersambung ke motherboard.

2. Kemudian, saatnya untuk membuka baut casing PC yang menyimpan power supply yang rusak. Dan keluarkan power supply dari casingnya.

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati

Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati karena terdapat banyak kabel didalam PC. Selain itu, baut yang terpasang pada casing PC harus dilepas seluruhnya. Jika hanya sebagian yang dilepas maka akan mempersulit proses pemasangan power supply nantinya.

3. Pemasangan power supply yang baru bisa dilakukan dengan cara mudah. Cukup dengan memasukkan power supply tersebut kedalam casing PC dengan hati-hati.

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati dengan ganti baru

Pastikan peletakannya sama persis dengan posisi semula. Kemudian, pasang semua baut pada casing. Setelah terpasang semua, kencangkan baut agar lebih kokoh menahan power supply.

4. Pasang kembali konektor yang dilepas sebelumnya, yakni konektor motherboard serta konektor yang terhubung dengan peralatan lainnya seperti hard disk.

Sebelum mengecek power supply yang baru, pastikan agar semua konektor yang dilepas tadi sudah terpasang dengan baik dan benar. Periksa juga elemen-elemen lainnya seperti merapikan kabel dan lain-lain. Setelah semua beres, maka komputer bisa dicoba untuk dihidupkan kembali.

5. Nah, jika anda mengikuti langkah sederhana diatas dengan benar, maka anda telah berhasil memperbaiki power supplu komputer yang mati. 🙂

Power supply PC bisa dibeli ditoko elektronik, atau ditempat toko komputer. Kita bisa menggantinya sendiri tanpa harus membawanya ke service center.

Sangat mudah kan? Anda tidak perlu membawa komputer ke tempat reparasi atau service center jika mengalami hal diatas. Cukup dengan cara sederhana, maka sekalipun anda tidak pintar dalam bidang IT, masalah tetap dapat diatasi.

Demikian artikel Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati semoga bermanfaata untuk kita semua.

jangan lupa baca juga artikel: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak Atau Tidak Berfungsi

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *