Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Mengatasi Komputer Hang Macet Dan Not Responding

Barangkali anda akan merasa geram ketika mendapati komputer  yang mengalami hang atau not responding. Masalah ini sebenarnya sangat umum terjadi.

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatasi komputer hang macet dan not responding dengan berbagai cara. Tips memperbaiki komputer hang perlu kita ketahui agar perkerjaan kita tidak terbengkalai hanya karena komputer yang bermasalah.

Ketika komputer dalam kondisi hang, biasanya kita akan menekan tombol CTRL+ALT+Del menuju menu Task Manager dan memilih tombol End Task, jika memungkinkan.

Namun, jika komputer hang total, maka seringkali kita dengan terpaksa mengambil tindakan merestart komputer dengan paksa. Yaitu dengan menekan tombol restart atau power, lalu menyalakannya kembali.

Langkah-langkah tersebut memang cukup ampuh untuk mengatasi komputer yang macet.

Namun, jika kompi lagi-lagi kembali not responding, kiranya kita perlu memeriksa beberapa kemungkinan lainnya.

 Penyebab Komputer Hang Macet dan Not Responding

1. Virus komputer

Cara Mengatasi Komputer Hang Macet Dan Not Responding bersihkan virus

Penyebab yang satu ini memang selalu sukses membuat komputer kita hang. Segera bersihkan virus tersebut dengan antivirus paling bagus dan terupdate.

Booting komputer dan pilih safe mode. Kemudian scan. Bisa dengan malware, trend micro system cleaner, AVG, atau lainnya.

2. Memori RAM penuh

memori ram komputer penuh

Penyebab berikutnya mengapa komputer hang atau macet adalah karena penggunaan memori yang hampir full, sehingga komputer akan berjalan sangat lambat dan macet.

Ini biasanya terjadi ketika anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan, namun tidak didukung memori komputer yang memadai.

Misalnya jika komputer kamu hanya memiliki spek 2 GB RAM, dan disaat bersamaan Anda membuka banyak tab di Google Chrome, membuka aplikasi Photoshop dan lainnya akan membuat memori terpakai penuh.

3. OS Windows bermasalah

Dan berikutnya penyebab mengapa komputer selalu hang dan macet adalah karena sistim operasi windows yang bermasalah. Ini bisa terjadi jika file windows mengalami corrupt atau terjadinya conflict.

Solusinya anda bisa cek semua aplikasi yang menyebabkan os bermasalah, atau melakukan repair windows. Jika os mengalami kerusakan parah, melakukan instal ulang adalah solusi terbaik.

Baca juga:

4. CPU overheating

Sistem pendingin pada CPU yang kurang lancar bisa menyebabkan PC hang. Hal ini dikarenakan banyaknya debu yang memenuhi kipas. Bersihkan segera dengan cara:

  1. Buka perlahan heatsink dan processor fan
  2. Bersihkan kipas dan sirip-siripnya dari debu. Jika ternyata kipas processor macet, beri sedikit minyak pelumas pada porosnya atau ganti dengan kipas baru.
  3. Juga jangan lupa bersihkan thermal paste yang sudah kering dan menempel pada heatsink dan processor, segeraganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  4. Masukkan kembali semua perangkat yang telah dibersihkan sesuai dengan tempatnya semula.

5. Power supply kurang daya

Power supply yang sudah rusak dan kekurangan daya bisa menjadi penyebab komputer not responding. Kinerja PC menjdi lambat dan beberapa peralatan USB menjadi tak terdeteksi.

6. Koneksi LAN tidak lancar

Ketika PC kita terhubung dengan jaringan, terkadang berjalan lambat karena berat dalam mengakses data.  Maka yang perlu kita lakukan adalah lepaskan dulu kabel jaringan dan running komputer seperti biasa. Jika komputer normal, berarti ada masalah pada koneksi LAN.

7. Hardisk bermasalah

Kapasitas hardisk yang low space namun dipaksa untuk menyimpan banyak dokumen bisa menyebabkan komputer macet. Oleh karena itu bersihkan hardisk dari file temporary dan sampah segera.

Klik start-run dan ketik cleanmgr untuk langkah selanjutnya. Bisa juga dikarenan hardisk yang berkualitas buruk sehingga membuat PC macet.

Tidak hanya itu, hardisk yang mengalami badsector dipastikan akan membuat komputer anda macet atau hang total.

8. Driver tidak cocok

Driver yang tidak cocok dengan sistem operasi PC atau tidak cocok dengan hardware terpasang selain menyebabkan komputer hang, bisa juga menyebabkan PC bluescreen.

Periksa driver terinstall dengan DVD Driver Pack Solution atau menggunakan driver easy.

Tips Mengatasi PC Hang

Tips satu-satunya untuk mengatasi komputer kita not responding adalah mengecek semua kemungkinan penyebab yang telah disebutkan sebelumnya.

Bahkan ketika komputer kita berjalan dengan baik pun, lakukan pembersihan fan processor secara berkala untuk pencegahan.

Pastikan juga menggunakan software dan hardware yang berkualitas bagus demi kelancaran seluruh sistem.

Cara mengatasi komputer hang macet dan not responding bisa dilakukan dengan membeerikan perawatan software dan hardware secara berkala.

Demikian artikel untuk kali ini, semoga bermanfaat. Nantikan artikel menarik berikutnya hanya di www.perangkatkeras.net

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *