Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading Saat Dihidupkan

Cara mengatasi laptop lambat loading saat dihidupkan sebenarnya bisa kita lakukan sendiri sebelum meminta service center komputer untuk memperbaikinya.

Sama halnya dengan komputer pc, laptop pun terkadang lambat loading ketika dihidupkan. Ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Cara yang paling mudah tentu saja dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del secara bersamaan menuju tombol Task Manager lalu memilih option End Task sebagai solusinya.

Jika cara tersebut tak mempan, maka dengan berat hati kita akan langsung menutup seluruh program dengan menekan tombol power.

Sekali dua kali mungkin tidak masalah, namun jika berkali-kali kita terpaksa menutup, ditakutkan sistem atau hardware laptop akan bermasalah.

Baik, perlu kita ketahui ada beberapa penyebab laptop lambat loading saat dinyalakan. Berikut akan kita ulas.

1.Startup Aplikasi terlalu banyak

Point pertama ini merupakan masalah yang paling sering, dan umum terjadi yang sudah pasti akan menyebabkan laptop berjalan sangat lambat atau loading saat dihidupkan.

Startup adalah, aplikasi yang dijalankan komputer pada saat pertama kali dihidupkan. Jika anda menginstal banyak aplikasi seperti anti virus, anti malware dan program lainnya, akan membuat laptop sangat lambat jika program tersebut dijalankan saat laptop starting.

Untuk masalah ini, solusinya sangat mudah. Dari keybaord anda, tekan Win + R dan ketikkan msconfig. 

Pergi ke tab Startup, perhatikan semua aplikasi yang tercentang, kemudian unthick atau klik Disable All untuk membuat aplikasi tersebut tidak dibuka pada saat laptop startup.

buka_msconfig_windows

cara membuat laptop lebih cepat saat startup

Dengan demikan pada proses startup, laptop akan berjalan sangat cepat, ringan tanpa loading.

2. Memori Full

Banyaknya data yang disimpan hingga memori hampir full atau bahkan full, bisa memperlambat proses loading saat laptop dinyalakan.

Oleh karena itu menyeleksi data yang memang penting disimpan dan membuang yang kurang penting perlu dilakukan.

Jika memang banyak data penting, sebaiknya simpan back up nya dalam hardisk external.

3. Virus

Virus yang menghinggapi laptop juga bisa menimbulkan berbagai masalah. Sistem error dan bahkan lambat loading menjadi salah satunya.

Virus bisa berasal dari banyak sumber. Lengkapi laptop kita dengan antivirus yang paling ampuh dan tidak memberatkan memori penyimpanan atau sistem laptop.

Scan secara berkala agar laptop lancar saat digunakan.

Baca juga:

4. File temporary terlalu besar

Faktor ini timbul ketika kita mengakses internet. Laptop atau komputer kita akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temporary.

Ketika file yang satu ini overload, maka efeknya adalah memperlambat kinerja laptop. Bersihkan segera dengan menggunakan software ‘ccleaner’.

Anda bisa mendownload softwarenya di http://www.piriform.com/ccleaner/download/standard.

Lalu, install cleaner yang sudah di download, buka aplikasi ccleaner, klik analyze dan tunggu hingga proses selesai berjalan. Bersihkan file temp. dan klik tombol run cleaner.

5. Terlalu banyak menginstall program

Penyebab ini termasuk penyebab umum laptop lambat saat loading. Banyaknya software yang kita install membuat laptop terbebani saat pertama kali dinyalakan.

Uninstall program yang tidak penting pada control panel atau klik disable agar software installan tidak berjalan saat laptop dinyalakan.

6. Hardisk rusak

Komponen laptop atau komputer yang satu ini jika mengalami kerusakan akan berdampak pada sistem. Laptop akan berjalan sangat lambat karena hardisk bad sector.

Cek kondisi hardisk, jika HDD telah mengalami kerusakan parah, ganti dengan hardisk yang baru menjadi solusinya.

7. Spesifikasi laptop kurang mendukung

Kenali spesifikasi laptop yang kita miliki dan sesuaikan setiap software yang ada dalam laptop dengan kapasitas laptop tersebut.

Jika kita melampaui kapasitas kemampuan laptop, tentu saja laptop akan lambat bekerja.

Tips Perawatan Laptop

Seleksi setiap software terinstall, pilih software yang benar-benar kita butuhkan saja, dan segera delete software yang tidak penting.

Jangan menunggu daya baterai laptop lemah dan bahkan hingga mati sendiri baru mencharger.

Batasi penginstalan game yang memiliki kapasitas memori besar karena laptop kita akan menjadi terbebani.

 Itulah cara mengatasi laptop lambat loading saat dihidupkan. Juga, jangan lupa untuk secara berkala menscan laptop dengan antivirus. Semoga membantu.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *