Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot dan Sering Hang

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot dan Sering Hang ~ Barangkali anda sering menemukan performa laptop yang mengalami lemot dan sering hang.  Sebagai pengguna tentu saja kita tidak begitu nyaman dan mungkin akan merasa geram, jika harus menjalankan laptop dengan kinerja yang sangat lambat dan sering mengalami error.

Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat laptop sering lemot dan hang. Mulai dari minimnya pengetahuan pengguna, hingga rendahnya sfesifikasi lapotop yang digunakan.

Baik, langsung saja berikut akan dijelaskan beberapa cara mengatasi laptop yang sering mengalami performa lemot dan hang.

1.Hindari menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan

Hal paling umum ditemui mengapa laptop lemot dan hang adalah karena pengguna yang kerap menjalankan multitask terlalu banyak. Artinya pengguna membuka dan menjalankan beberapa aplikasi berat secara bersamaan yang akhirnya membuat laptop hang total.

Misalnya anda membuka halaman internet dengan banyak tab, kemudian menjalankan apliksi game, photoshop, secara bermaan. Kondisi ini tentu saja akan membuat memori RAM kompuer dan processor terpakai penuh dan berjalan berat.

Jika sfesifikasi RAM sangat minim, misalnya 2GB RAM saja, bisa dipastikan laptop anda akan sangat lambat atau bahkan hang total.

Untuk itu hindarilah menjalankan banyak apliksi secara bersamaan. Cukup dengna membuka aplikasi yang dibutuhkan saja.

2.Hapus/Uninstall aplikasi yang tidak penting dan memberatkan kinerja laptop

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot dan Sering Hang

Selanjutnya anda bisa menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak penting. Menginstal banyak apliksi dalam sistim komputer akan memberatkan kinerja memori, dan juga boros space pada ruang penyimpanan.

Untuk itu sebagai pengguna yang bijak, kita cukup dengan menginstal aplikasi yang dibutuhkan saja. Dengan demikian performa laptop akan tetap cepat dan ringan saat digunakan

3.Bersihkan chache dan temporary file

clear cache and temporary file

Berikutnya bersihkan juga chacce atau temporary file, baik itu dari browser Mozilla Firefox atau Google Chrome, hingga file temporary yang tersimpan di hardisk komputer.

Dengan membersihkan chace maka ruang hardisk akan lebih efisien, dan kinerja browser saat membuka internet semakin cepat.

4.Lakukan upgreade memori RAM

upgreade memori RAM

Nah, point satu ini sangat penting, khususunya bagi kamu yang menggunakan RAM dengan sfek minim.

Lakukan upgrdare RAM atau menambah memori, misalnya dari 2GB RAM menjadi 4GB RAM atau 8GB RAM.

Dengan melakukan upgrade RAM, maka bisa dipastikan kecepatan laptop anda akan melejit berkali-kali lipat.

5.Perbaik hardisk bad sector

hardisk bad sector

Hardisk yang mengalami bad sector akan membuat komputer berjalan sangat lambat atau bahkan hang.

Pada laptop yang mengalami hardisk bad sector, bahkan sreing mengalami Windows tidak bisa masuk pada saat pertama kali booting.

Untuk mengatasinya anda bisa lakukan chkdsk dari command prompt atau cmd.

6.Matikan fitur Windows update otomatis

fitur windows update

Fitur Windows update secara default telah diaktifkan di sistim Windows. Jika fitur ini aktif maka setiap anda terhubung ke internet, sistim akan melakukan pengecekan terkait ada tidaknya file windows yang harus di update.

Ini berarti anda akan mendownload file update dan menjalankan file pembaharuan tersebut. Selain membuat konkesi menjdai lambat, fitur ini juga akan membuat kuota internet anda semakin banyak dihabiskan.

Untuk itu, sebaiknya matikan saja fitur Windows update melalui control panel.

7.Gunakan aplikasi ccleaner

Gunakan aplikasi ccleaner

Ccleaner adalah software freeware alias gratis yang punya kemampuan powerfull untuk membersihkan file-fle sampah dan history.

Anda bisa memanfaatkan sofwae Ccleancer untuk membuat komputer bekerja lebih cepat.

8.Instal anti virus/anti adware

instal anti virusanti adware

Malware berupa virus ataupun adaware merupakan program jahat yang sengaja dibuat untuk menginfeksi komputer dan menggandakan file. Tidak hanya itu adware juga merupakan salah satu varian malware yang selalu memunculkan iklan saat anda membuka browser internet.

Program tersebut tentu saja sangat menganggu dan membuat komputer menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasinya silahkan menginstal salah satu antivirus dan anti adware terbaik, misalnya AVG, Kaspersky, Norton, Symantec dan lain-lain.

Itulah beberapa cara yang patut kita ketahui guna mengatasi laptop sering hang dan lemot. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam.

Baca juga: 3 Cara Menghapus Virus Malware Di PC Dan Laptop

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *