Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Flashdisk Tidak Bisa Dibuka? Coba Cara Ini

Flashdisk Tidak Bisa Dibuka? Coba Cara Ini ~ Flashdisk merupakan perangkat untuk menyimpan data selagi tidak membawa komputer. Selain itu flashdisk juga digunakan  sebagai alat tranmisi data ke komputer tanpa media konektor atau ke handphone anda. Bentuknya yang minimalis membuat banyak orang membelinya dengan beragam kapasitas memori yang berbeda-beda mulai dari ukuran 1 GB hingga 64 GB.

Flashdisk-tidak-bisa-dibuka

Berbagai macam flashdisk

Meskipun tergolong mudah digunakan dan dibawa kemana-mana ternyata flashdisk memiliki permasalahan sendiri, dimana telah banyak orang yang mengalaminya. Mungkin ada diantara anda yang pernah mengalami masalah teknis seperti ini yakni ketika flashdisk anda disambungkan ke sambungan USB dan  sayangnya tidak dapat anda buka.

Masalah ini tentunya membuat pekerjaan tertunda dan dapat merugikan semua orang, bukan ?!. Sebenarnya hal ini sering terjadi karena adanya beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kemungkinan flashdisk yang anda gunakan mengalami kerusakan sehingga cobalah menyambungkan flashdisk anda ke komputer lain untuk melihat kemungkinannya.

2. Mungkin juga port USB anda yang mengalami kerusakan.

3. Penyebab lainnya adanya kerusakan pada windows anda sehingga settingan BIOS tidak dapat tersambung sebagaimana mestinya.

4. Dan bisa saja driver mengalami masalah sehingga flashdisk anda tidak bisa terbaca.

Baca juga artikel ini Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk

flashdisk-tidak-bisa-dibuka-meski-terdeteksi

Flashdisk tidak dapat dibuka meski terdeteksi

Keempat  poin diatas adalah beberapa penyebab kenapa flashdisk anda tidak bisa terbaca pada komputer.  Dan untuk solusi dari masalah diatas, berikut ini terdapat beberapa langkah untuk menanggulanginya yaitu :

1. Cobalah menggunakan port USB lain untuk mengecek apakah port atau flashdisknya yang mengalami kerusakan.

2. Lihat pada setingan BIOS di komputer kamu apakah disable atau sudah enable, yang mungkin terjadi secara otomatis jika motherboard mengalami kerusakan atau sudah lemah.

3. Ceklah di device manager melalui langkah-langkah sebagai berikut :

  • klik start pada menu taskbar lalu pilih setting dan control panel.
  • Klik icon system lalu klik tab hardware ketika jendela system properties terbuka.
  • Setelah itu klik device manager kemudian cek bagian universal serial bus controlles. Bila muncul tanda silang merah berarti belum dikoneksikan maka dari itu anda memilih enable dan bila muncul tanda tanya maka ada driver yang tidak dikenal. Kemungkinan pula anda juga diminta untuk install ulang driver USB.

4. Selain melakukan pengecekan pada device manager anda juga bisa melakukan pengecekkan pada register dengan cara klik menu start lalu run. Anda akan menerima kotak kosong berwarna hitam kemudian ketiklah regedit lalu tekan tombol enter pada keyboard anda.

Menujulah pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\. Pastikan value wordsnya memiliki nilai 3 yang berarti enable namun bila tidak bernilai angka tersebut maka gantilah dengan angka tersebut kemudian close dan restart komputer anda.

5. Cobalah update anti virus anda karena mungkin saja flashdisk anda terjangkit virus sehingga tidak terbaca komputer. Oleh karenanya anda perlu membersihkan virus yang berada pada komputer anda dengan anti-virus yang telah terupdate.

Selain masalah diatas ada pula masalah lainnya seperti flashdisk yang tidak bisa dibuka meski telah terbaca sehingga anda tidak dapat menggunakan file yang ada di dalamnya.

Ada baiknya bagi anda menjaga perangkat ini lebih hati-hati jika sering digunakan untuk keperluan pribadi atau kantor . Hindarkan flashdisk dari air karena tidak semua flashdisk tersebut anti air.

Bila anda ingin mencoba membeli flashdisk terbaik maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel berikut ini 5 Merk Flashdisk Terbaik di Dunia

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *