Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Flashdisk Tidak Terbaca? Ini Cara Mengatasinya

Flashdisk Tidak Terbaca? Ini Cara Mengatasinya  ~ Bentuknya kecil namun memiliki berbagai fungsi yang berupa menyimpan data dengan kapasitas yang beragam. Flashdisk merupakan tempat penyimpan data anda sementara waktu agar dapat dtranmisikan ke komputer atau handphone anda.  Perusahaan teknologi juga banyak memproduksi perangkat keras ini dengan berbagai model yang menarik masyarakat untuk membelinya.

flashdisk-tidak-bisa-dibaca

Bukan hanya didesain sangat menarik dengan berbagai warna dan bentuk namun juga difasilitasi beberapa fitus seperti tahan terhadap air sehingga meski terkena air flashdisk jenis ini masih dapat digunakan pemiliknya. Selain itu ada pula fitur lainnya seperti dapat ditranmisikan langsung dengan handphone tanpa harus dikoneksikan ke komputer dahulu.

Sayangnya terkadang timbul masalah dengan perangkat ini diantaranya flashdisk tidak terbaca pada komputer atau laptop anda meskipun telah disambungkan dengan port USB. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab dan alasan terjadinya ini telah dirangkum sebagai berikut :

  1. Ada kemungkinan bila flashdisk anda ternyata mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan.
  2. Kemungkinan port USB andalah yang mengalami kerusakan.
  3. Ada pula masalah dalam driver USB.
  4. Kemungkinan juga ada setingan BIOS pada windows anda yang disable sehingga tidak membaca perangkat yang masuk.

Baca juga artikel ini Cara Reset BIOS Komputer PC

Bila anda mengalami masalah seperti yang telah dikemukakan diatas tidak perlu khawatir berikut telah dirangkumkan solusi yang dapat anda tempuh diantaranya sebagai berikut:

  1. Anda bisa memperbaikinya melalui windows dengan cara sambungkan menyambungkan flashdisk ke port USB anda kemudian pilihlah control panel dengan cara klik start pilih control panel. Bila jendela control panel telah terbuka pilihlah penampilan komputer anda dengan klasik mode kemudian klik add hardware kemudian klik yes pada kolom hardware yang terkoneksikan. Bila muncul autorun maka cara ini berhasil untuk mengatasi masalah ini namun apabila muncul removable hardware maka sebaiknya anda menggunakan langkah kedua saja.
  2. Langkah kedua menggunakan cmd sebagai solusinya dimana dimulai dengan cara menyambungkan perangkat anda dengan port USB. Setelah itu bukalah command prompt kemudian pilihlah start lalu pilih run. Apabila flash drive anda dikenal dengan partisi G maka pada Command Prompt dengan G. setelahnya anda perlu menulis chkdsk/f yang memunculkan tulisan dalam layar monitor anda kemudian pilihlah yes dan restart komputer anda. Biarkanlah komputer anda melalui proses winlogon dan bila cmd tidak dapat masuk dalam komputer anda tenang saja langkah ini masih bisa digunakan. Anda cukup memerintahkan komputer anda dengan cara memerintahkannya dengan perintah sebagai berikut chkdsk (: e/f/g drive usb) /…
  3. Langkah ketiga adalah anda bisa menggunakan software untuk mengatasi masalah ini dengan cara mendownload software HDD low format level. Kemungkinan masalah ini timbul karena adanya virus yang berada lam komputer tanpa disadari sehingga anda juga perlu mengupdate anti virus anda dan melakukan scanning pada setiap partisi yang ada di komputer.
  4. Ada kemungkinan timbulnya kerusakan pada flash drive anda sehingga anda perlu mencoba menghubungkan perangkat ini pada port USB yang lain atau ke port USB komputer lainnya agar ketahuan apakah yang rusak flashdisk anda ataukah komputer anda yang terdapat kerusakan.
  5. Jika flashdrive anda mengalami kerusakan maka anda bisa menempuh jalan dengan menekan tombol CTRL + R lalu akan muncul kolom msc dan pilihlah storage kemudian disk management. Anda klik kanan kemudian pilihlah Create partition setelah itu formatlah.

Semoga info diatas dapat bermanfaat bagi anda semua..

Baca juga artikel ini Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *