Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Fungsi dan Kegunaan UPS

Fungsi dan Kegunaan UPS Komputer ~ Kamu pengguna komputer tau dong apa itu UPS?

UPS Komputer

UPS adalah singkatan dari Uninteruptible Power Supply. Kurang lebih kegunaannya adalah untuk memberikan suplai listrik saat tegangan utama tidak berfungsi, misal saat listrik padam, UPS akan memberikan cadangan listrik untuk komputer.

Berikut adalah Fungsi dan Kegunaan UPS Komputer lebih lengkapnya:
1. UPS komputer bisa menyediakan cadangan energi listrik saat suplai listrik pada tegangan utama tidak berfungsi.
2. Karena UPS bisa memberikan cadangan listrik saat listrik pada tegangan utama padam, maka kamu bisa gunain kesempatan itu untuk menghidupkan genset pengganti listrik utama yang padam tadi.
3. UPS juga bisa kamu gunain untuk memberikan kesempatan waktu buat kamu segera memback up data plus mengamankan sistem operasi (OS), yaitu caranya dengan melakukan shut down sesuai dengan prosedur.
4. UPS berguna pula dalam hal mengamankan sistem komputer dari gangguan-gangguan listrik yang bisa merusakan komponen di dalam komputer, seperti software, data maupun hardware.
5. Stabilisasi tegangan juga dilakukan oleh UPS jika ada perubahan tegangan pada input sehingga tegangan output menjadi stabil.
6. UPS bisa dintegrasikan dengan jaringan internet

UPS pun punya banyak jenis. Ini dia jenis-jenis UPS:

UPS Komputer

1. Standby
UPS jenis ini biasanya digunakan oleh para pengguna rumahan dengan cara menyandingkannya dengan PC mereka. Meskipun biasanya hanya digunakan oleh pengguna rumahan tapi tetap kemampuannya mengelola arus dan melakukan filtrasi terhadap gangguan juga bisa diandalkan. Bahkan biayanya malah cenderung murah karena ukuran UPS Standby relatif kecil.

2. Line Interactive

Kalau UPS jenis ini biasanya digunakan pada unit small business, pengembang web, dan juga sejumlah server yang berada di departemen pemerintahan. Hal itu dikarenakan UPS jenis Line Interactive punya tingkat reliabilitas yang tinggi, kemampuannya untuk menyesuaikan voltase juga cukup baik.

3. Double Conversation Online

Jenis UPS Double Conversation Online biasanya digunakan dengan daya lebih dari 10kVA. Memang dibandingkan dengan kedua jenis UPS yang udah disebutin tai, kinerja UPS jenis ini bisa dibilang jauh lebih atau di atas rata-rata. Bahkan mendekati gambaran ideal dari sebuah UPS. Tapi sayang UPS jenis ini menghasilkan panas yang cukup tinggi.

4.Delta Convesion Online

UPS dengan jenis Delta Conversion Online tersedia dengan daya 5kVA sampai dengan 1.6 MW. UPS jenis ini merupakan UPS yang paling hemat energi dibandingkan dengan UPS jenis lainnya karena UPS Delta Conversion Online bekerja dengan meminimalisir energi yang terbuang. Kompabilitas dengan beragam jenis generator juga cukup tinggi. Dan nilai plusnya lagi, UPS dengan jenis Delta Conversion Online mengurangi kebutuhan akan penggunaan kabel.

Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai Fungsi dan Kegunaan UPS Komputer. Sudah lebih paham lagi ya mengenai UPS komputer? Bisa dikatakan bahwa UPS komputer adalah perangkat yang penting dan semestinya ada agar komputermu terlindungi dari kerusakan-kerusakan komponen jika tiba-tiba listrik padam.

Kegunaannya juga cukup banyak, kamu pasti udah membacanya tadi. Ya intinya UPS itu adalah cadangan energi yang digunakan saat listrik pada tegangan utama mati dan karena UPS memiliki cadangan energi tersebut, kamu bisa melakukan “penyelamatan” pada komputermu dengan melakukan shut down.

Jenis-jenis UPS juga cukup banyak, tinggal kamu pilih saja sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau kamu hanya pengguna komputer rumahan kamu bisa memilih UPS jenis Standby tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal dengan membeli UPS jenis lainnya.

Sekian, semoga dapat memberikan wawasan mengenai Fungsi dan Kegunaan UPS Komputer buat kamu ya…

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *