Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Jenis-Jenis Memori Komputer Secara Umum

Jenis-Jenis Memori Komputer Secara Umum ~ Memori adalah salah satu perangkat keras komputer yang di gunakan untuk menyimpan data baik untuk sementara atau permanen. Dalam sistim komputer keberadaan memori sangat berperan penting, bisa di bayangkan jika memori tidak ada, tentu saja komputer tidak akan bisa bekerja.

Memori komputer ada bermcacam-macam sesuai dengan fungsinya. Berikut jenis-jenis memori komputer secara umum yang perlu kita ketahui.

1.RAM

ram komputer-perangkatkeras

Ram komputer pada motherboard

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan data atau instruksi sementara.

Setiap perintah yang di berikan user pada komputer terlebih dahulu akan di masukkan ke mmori RAM, kemudian processor yang berperan sebagai inti akan mengeksekusi satu persatu secara random semua data yang tersimpan di dalam RAM.

Karena sifat penyimpanannya yang sementara, maka ketika anda mematikan komputer, semua data yang tersimpan di RAM akan hilang, sebab itu penting untuk menyimpan pekerjaan yang tengah anda buat ke penyimpanan permanen seperti hardisk sebelum komputer di restart atau di matikan.

2.ROM

rom komputer-perangkatkeras

Chip memori ROM

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang dapat bekerja ketika komputer dalam keadaan mati ataupun hidup. Isi dari ROM secara default sudah di sediakan dari pabrik pembuat komputer dan tidak bisa di rubah.

Agar komputer berfungsi normal memori ini harus selalu bekerja. ROM berbentuk sebuah sirkuit yang di tanamkan di dalam motherboard. Memori ini menyimpan beberapa program penting untuk menjalankan komputer.

3.Cache

cpu cache-perangkatkeras

Ilustrasi memori cache

Cache merupakan memori yang berfungsi seperti RAM, bekerja lebih responsif. Pada umumnya cache di tempatkan di dalam cpu yang digunakan untuk menyimpan instruksi sebelum di berikan ke memori utama. Adanya cache akan mempermudah komputer menemukan informasi mengenai penyimpanan yang lebih besar sehingga ekstraksi data bisa berjalan lebih cepat.

4.USB Flashdisk

flashdisk-usb-perangkatkeras

Memori flashdisk/usb

Flashdisk atau sering juga disebut usb merupakan memori eksternal yang bersifat portable. Fungsinya sama dengan hardisk yaitu sebagai tempat menyimpan data secara permanen.

Pengguna komputer banyak memanfaatkan flashdisk untuk menyimpan berbagai data, karena bentuk fisiknya yang kecil, memori yang satu ini seringkali dibawa pengguna kemana-mana.

Baca juga:

Cara Kerja Memori Komputer, Baca Ini

Merek Prosesor Terbaik Versi Perangkatkeras.net

Hardisk Komputer Lambat, Inilah Penyebabnya

5.Hardisk

hardisk komputer-perangkat-keras

Hardisk internal memori

Hardisk adalah salah satu perangkat keras komputer yang di gunakan untuk menyimpan data secara permananen. Hardisk pada umumnya memilki ukuran lebih besar dari flashdisk. Memori ini ada yang bersifat eksternal hardisk dan internal hardisk.

Karena fungsi penyimpanannya yang permanent, hardisk memiliki kapasitas besar seperti, hardisk dengan kapasitas 80 GB, 160 GB, 250 GB, 500 GB dan bahkan hingga ke ukuran 1 TB dan seterusnya.

Itulah beberapa jenis-jenis memori komputer secara umum semoga bermanfaat. Silahkan tambahkan komentar jika ingin menambahkan masukan atau pertanyaan seputar jenis-jenis memori komputer.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *