Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Jenis Jenis RAM Komputer

Jenis Jenis RAM Komputer ~ RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara.

Saat anda menggunakan komputer dan memberikan instruksi apapun, maka RAM akan menyimpan perintah atau instruksi tersebut untuk sementara, dan kemudian setiap data tersebut akan di eksekusi oleh processor.
RAM di sebut random access memory karena cara pengaksesan yang di laukan adalah dengan sistim random.
 
Berhubung karena sifat penyimpanannya yang sementara, maka setiap pengguna komputer memerlukan memori tambahan seperti hardisk untuk dapat menyimpan seluruh data yang kita butuhkan secara permanen.
 
Memori RAM hanya akan menampung data anda sementara, sebab itu saat anda sedang bekerja baik itu mengetik atau mengerjakan tugas lainnya, sebaiknya selalu ingat untuk menyimpan data anda di memori hardisk yang akan menyimpan secara permanen.
 
Hal tersebut penting di lakukan, sebab jika komputer anda di restart ulang atau di matikan, maka seluruh data yang  tersimpan sementara akan hilang kembali.
 
Memory RAM sendiri ada beragam jenis, semakin besar memori yang di gunakan tentu akan semakin cepat juga kinerja sebuah komputer. Berikut beberapa jenis-jenis RAM komputer.
1. RAM
Memory RAM
Memori RAM pertama kali ditemukan oleh Robert Dennard pada tahun 1968, yang selanjutnya di produksi besar-besaran mengingat permintaan pasar yang pada saat itu sangat tinggi.
  
RAM bekerja dengan membutuhkan tegangan 5.0 volt dengan frekuesni 4.77 MHz, dengan waktu akses memori sekitar 200ns (1ns=9-10 detik). RAM yang merupakan generasi pertama menggunakan slot 30 pin pada motherboard.
 
2. DRAM
Memory DRAM
Berikutnya DRAM di ciptakan pada tahun 1970 oleh IBM. DRAM merupakan singaktan dari (Dynamic Random Access Memory) yang bekerja dengan frekuensi berbeda yaitu antara 4.77 sampai 40 MHz.
3.FPM RAM (Fast Page Mode DRAM)
FFM RAM
FPM RAM merupakan memori varian dari DRAM, yang telah lama di gunakan dari hasil pengembangan SIM RAM. 
 
Memori ini di buat pada tahun 1987, menggunakan 30 pin dan berjalan pada clock maksimum 16 MHz sampai 66 MHz, dengan kecepatan akses sekitar 50 ns. RAM jenis ini di nilai sangat banyak ke kurangan baik dari segi kecepatan ataupun dalam masalah penampungan data.
 
Penggunaan memori FPM RAM dulunya banyak di temui pada komputer dengan processor intel 386.
4.EDO RAM (Exteneded-Data-Out RAM)
EDO RAM
EDO RAM di luncurkan pada tahun 1995 yang di kembangkan dari memori sebelumnya. Berjalan pada clock 33-66
MHz dan memiliki pin sebanyak 72 kaki.  
 
Kelebihan dari EDO RAM adalah telah di tambahkannya fitur baru yaitu cache guna mempercepat akses data dari
RAM tersebut.
 
Ditambahkannya cache pada memori telah memberikan kecepatan dari 40% sampai 50% lebih cepat dari memori pendahulunya. Penggunaan memori EDO RAM banyak di temui pada komputer intel 486.
 
5.SD RAM (Synchronous Dynamic RAM)
Memory SD RAM
SD RAM merupakan salah satu memori yang paling bertahan lama dari penggunaaan memori sebelumnya, memori
jenis SD RAM pertama kali di rilis pada tahun 1996 dan masih digunakan hingga tahun 2001.
 
 
Penggunaan SD RAM banyak di temui pada komputer jenis Pentium I, Pentium II, Pentium III dan bahkan sampai awal kemnculuan komputer Pentium IV juga memori ini masih di gunakan.
6.RD RAM (Rambus Dynamic RAM)
Memory RD RAM
Perkembanban memori berikutnya adalah hadirnya RD RAM, di ciptakan oleh perusahaan Rumbus yang mampu menjalankan clock FSB 800/1066 dengan menggunakan kaki 184 pin dan konsumsi voltage sebesar 2.5 volt.
 
 
Hadirnya RD RAM membuat beberapa cara kerja memori sedikit berubah dari pendahulunya, jenis RD RAM mengolah data dengan cara serial, sedangkan pada DDR RAM mengolah data dengan sistim paralel.
 
7.DDR RAM (Double Data Rate RAM)
DDR RAM
 
Memory DDR RAM memiliki clock FSB 266/333/400 MHz dengan menggunakan 184 pin dan voltage 2.5 volt. Penggunaan memori ini pada umumnya telah digunakan pada komputer yang lebih canggih seperti kompuer dengan processor Pentium IV ke atas.
 
DDR RAM di katakan Double Data Rate karena mampu menambah kecepatan hingga 2 x lipat dari SD RAM, hal ini
terjadi karena DDR RAM mampu bekerja dalam 1 clock mengakses jumlah data sebanyak 2 bit di banding SD RAM yang hanya mampu menyimpan data sebesar 1 bit setiap clocknya.
 
DDR RAM sendiri terus dikembangkan hingga menghasilkan teknologi memori yang semakin cepat mengimbangi
teknologi processor komputer. Hal tersebut ditandai dengan keluarnya generasi DDR berikutnya seperti DDR, DDRII, DDRIII, DDRIV dan DDRV.
 
Sekian dulu ulasan kali ini untuk jenis jenis RAM komputer semoga bermanfaat untuk anda.
Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *