Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Jenis Kabel Komputer Yang di Gunakan di Jaringan

Kabel komputer merupakan bagian dari perangkat keras jaringan yang keberadaannya sangat di butuhkan untuk menghubungkan antar komputer.

Dalam penggunaannya terdapat bebebarap jenis kabel yang biasa di gunakan.  Untuk mengenal jenis kabel apa saja yang ada di jaringan komputer, berikut akan kita ulas.

Fungsi dari kabel komputer pasti sudah pada tahu kan? Kabel di gunakan untuk menghubungkan dua buah komputer atau lebih serta sebagai media transmisi baik itu untuk send atau receive data.

Setiap jenis kabel di rancang berbeda dengan tujuan berbeda juga. Sebab itu  dari segi kecepatan transmisi dan harga juga akan berbeda satu sama lain.

Oke tanpa berlama waktu berikut beberapa jenis kabel komputer:

1. Kabel Coaxial

kabel-coaxial-pada-jaringan-komputer

Untuk mengenali kabel coaxial sangatlah mudah, anda boleh lihat ciri fisik kabel coaxial yang terdiri dari kawat tembaga sebagai inti dan dilapisi oleh isolator dalam, kemudian di kelilingi oleh konduktor dibagain luar. Pada pembungkus di lapisan paling luar, kabel coaxial menggunakan bahan semacam terbuat dari PVC.

Penggunaan jenis kabel coaxial umumnya di gunakan pada jaringan dengan topologi bus dan ring. Namun untuk saat ini jenis kabel coaxial mulai di tinggalkan mengingat kemampuan jangkauannya yang terbatas dan di anggap kurang efisien dan flexibel.

2. Kabel Twisted Pair

kabel jenis utp-jenis kabel-stp-dan jenis ftp

Berikutnya kabel twisted pair dapat di kenali dengan mudah dari ciri fisiknya yang memiliki beberapa pasang kabel yang di susun berlilit.

Kabel twisted pair sendiri ada 3 jenis yakni kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), FTP (Foiled Twisted Pair) dan kabel STP (Shielded Twisted Pair) yang mempunyai sedikit perbedaan material dan bahan pembungkus yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kabel UTP merupakan kabel yang paling banyak di temui, pada umumnya di gunakan pada jaringan LAN. Jenis kabel ini tidak di bekali lapisan pelindung seperti aluminium foil sehingga sedikit rentan terhadap radiasi medan magnet atau voltase tinggi.

Berbeda dengan FTP dan STP, kedua jenis kabel ini di bekali dengan pelindung (Shielded) yang membuatnya lebih tahan terhadap gangguan interferensi elektormagnetik yang berada di sekeliling kabel.

Adanya perbedaan kualitas, dari segi harga setiap kabel tentu saja berbeda. Namun demikian hingga saat ini kabel yang paling banyak di gunakan dalam jaringan adalah jenis UTP mengingat harganya cukup ,urah, serta material tipis dan mudah dalam proses instalasi.

3. Kabel Fiber Optik

kabel fiber optik-pada-jaringan-komputer

 

kabel fiber optik-jaringan

Berbeda dengan kedua jenis kabel di atas yang menggunakan bahan termbaga, fiber optik di buat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis.

Fiber optik mentransmisikan sinyal berupa cahaya dari sumber ke tujuan, dan ini merupakan model dengan teknologi paling baru. Tak heran jika kecepatan transmisi fiber optik jauh lebih cepat di banding kabel coaxial, dan twisted pair.

Pada awalnya fiber optik di gunakan untuk tujuan jaringan backbone dan biasanya di temukan pada instalasi jaringan berskala bersar di perusahaan multinasional yang membutuhkan kecepatan super cepat.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini fiber optik sudah mulai di gunakan pada jaringan LAN, WAN ataupun MAN.

Kabel jenis fiber optik di gunakan umunya pada perusahaan besar yang memang menginginkan performa transmisi data super cepat.

Dengan segudang kelebihan yang dimiliki fiber optik, hingga saat ini belum mampu mengalahkan kepopuleran penggunaan jenis kabel UTP, ini tidak lain karena faktor harga kabel fiber optik yang sangat mahal sehingga jarang di gunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke bawah.

Proses instalasi fiber optik juga tidak murah karena harus membutuhkan penangangan dan peralatan khusus.

Oke, demikian dulu artikel Jenis Kabel Komputer Yang di Gunakan di Jaringan semoga bermanfaat

Share this -->
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *