Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Komputer Restart Sendiri Pada Windows 7 Dan Cara Mengatasinya

Komputer Restart Sendiri Pada Windows 7 Dan Cara Mengatasinya ~ Bekerja dengan menggunakan komputer adalah sebuah keharusan bagi masyarakat modern. Terutama pada dunia industri, bisnis, pekerja, pelajar, hingga masyarakat umum.

Barangkali semua pengguna komputer tahu kesalnya bilamana komputer sering mengalami restart sendiri tanpa ada sebab yang jelas.

Ada banyak penyebab komputer restart sendiri, dan penanganannya pun bervariasi tergantung penyebabnya itu sendiri.

Jadi jika kebetulan anda juga mengalami hal yang sama, dimana komputer restart sendiri pada Windows 7 tanpa tahu penyebabnya, barangkali anda bisa coba beberapa cara berikut ini.

Komputer Restart Sendiri Pada Windows 7 dan Cara Mengatasinya

Penyebab komputer merestart sendiri ada beberapa sebab, misalnya karena processor overheat dan karena power supply kurang asupan daya. Di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasi komputer yang merestart sendiri. Silahkan disimak :

1. Overheat

mengganti kipas processor

Pertama-tama cek terlebih dahulu apakah komputer mengalami overheat dengan mencoba mengecek temperatur komputer dengan menu hardware monitor yang terdapat pada BIOS, atau cukup buka CPU dan raba cooler processornya.

Cara mengatasi komputer yang overheat adalah secara berkala membersihkan casing CPU dan cooler processor dengan kuas halus. Lakukan di ruangan yang terbuka, agar debunya tidak mengganggu pernapasan anda.

Ganti thermal paste yang sudah kering dengan yang baru, karena benda inilah yang merekatkan cooler dengan processor.

Tempatkan komputer di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan suhunya tidak panas. Tempatkan di ruangan yang sejuk.

2. Power supply

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati

Apabila komputer merestart sendiri akibat power supply yang kekurangan asupan tenaga, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti power supply lama dengan yang baru.

Lalu bagaimana ciri-ciri komputer anda mengalami masalah dengan power supply? Biasanya ditandai dengan bunyi kipas yang begitu bising saat menyalakan komputer.

Penyebab restart sendiri karena power supply ini biasanya karena kipas angin atau cooler yang mati, sehingga mengakibatkan overheat pada bagian power supply itu sendiri.

Untuk menghindari hal seperti itu terulang lagi, maka gantilah power supply anda dengan yang 530 watt, pas dengan kebutuhan komputer modern.

Baca: Komputer Tidak Mau Menyala Sama Sekali?

3. Hardisk Bad Sector

hardisk komputer-perangkat-keras

Selain kedua sebab di atas, ada slagi penyebab komputer merestart sendiri, yakni karena hardisk yang mengalami bad sector sehingga mengakibatkan blue screen serta tak jarang merestart sendiri.

Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki hardisk dengan program scandisk atau checkdisk. Lakukan defrag secara berkala, serta wajib mematikan komputer dengan program shut down.

Simak juga:

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Rusak

Hardisk Komputer Lambat, Inilah Penyebabnya

4. Memori tidak berfungsi normal

membersihkan memori ram komputer

Memori RAM yang tidak bekerja normal akan membuat komputer bermaslah. RAM bermasalah bisa disebabkan karna debu yang bertumpuk dalam CPU, atau peletakan memori yang kurang tepat dalam slot ekspansi.

Untuk mengatasinya, buka cashing cpu keluarkan RAM, bersihkan CPU dari tumpukan debu, bersihkan RAM menggunakan penghapus atau kain halus, selanjutnya pasang kembali dengan benar.

5. Sistim Windows bermasalah

Windows merupakan sistim operasi yang bertanggung-jawab untuk memastikan semua apliaksi yang dijalankan bekerja dengan baik. Jika sistim windows bermasalah seperti file corrupt, terinfeksi malware/virus, maka bukan tidak mungkin komputer anda akan restart sendiri secara berulang.

Untuk mengatasinya, silahkan repair windows atau lakukan instal ulang.

Hal paling utama dari semua penanggulangan masalah adalah jangan panik. Karena panik hanya akan membuat kita kehilangan akal sehat dan tak bisa berpikir dengan baik. Termasuk saat menghadapi komputer yang selalu merestart secara terus menerus. Jangan panik, cek satu per satu kemungkinan penyebab terjadinya restart tersebut.

Tak perlu terburu-buru, yang penting tenang dan tetap bisa berpikir jernih.  Untuk mengatasinya sendiri, bisa dilakukan manual atau kita lakukan tanpa bantuan siapapun.

Apabila merasa kurang percaya diri untuk memperbaikinya sendiri, atau tak yakin dengan kemampuan, maka lebih baik kita membawa komputer ke tempat servis komputer terdekat untuk segera diperbaiki.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *