Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Komputer Tidak Bisa Booting? Mungkin Ini Penyebabnya

Komputer Tidak Bisa Booting? Mungkin Ini Penyebabnya ~ Sebagai pengguna komputer sudah pasti kita mendapatkan berbagai keuntungan setiap hari. Mulai dari terbantunya pekerjaan di kantor, tugas kampus ataupun sekolah. Tetapi selain memperoleh berbagai keuntungan, pastinya anda juga tidak akan terlepas dari berbagai masalah yang timbul dari komputer itu sendiri.

Dari berbagai masalah yang timbul, mungkin ada beberapa dari kamu yang mengalami masalah komputer tidak bisa booting. Sebagai pengguna komputer yang hanya mengerti ilmu komputer sekedarnya, mungkin anda akan langsung panik dan tergesa-gesa untuk membawa komputer anda ke tukang servis.

Tapi tahukah anda, akan lebih baik jika anda belajar sedikit tentang berbagai hal yang berhubungan dengan komputer. Karena pada dasarnya tidak semua masalah yang timbul adalah masalah yang hanya bisa diperbaiki oleh ahlinya. Seperti halnya pada komputer yang tidak bisa booting, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab komputer tidak bisa booting sekaligus tips untuk mengatasinya.

1. Komputer Tidak Bisa Booting Dan Mati Total

komputer-mati-totalJika komputer anda mati total atau tidak ada suara atau tampilan sama sekali, ada baiknya jika anda melakukan crosscheck pada arus listrik dan periksalah kondisi power supply pada komputernya.

Cek semua kabel yang terpasang pada komputer seperti kabel ke UPS,  kabel power ke monitor, kabel monitor ke  CPU hingga kabel yang masuk ke komputer anda. Pastikan ada arus listrik dan  semua kabel terpasang dengan benar dan kencang.

2. Komputer Tidak Bisa Booting Karena Ada Masalah Pada BIOS

Kemungkinan lain yang dapat menjadi penyebab komputer anda tidak bisa booting adalah adanya masalah pada BIOS. Dari beberapa kasus yang pernah dialami oleh pengguna komputer, ada komputer sembuh dari masalah booting yang tidak sempurna dengan cara mereset BIOS komputer.

Lain halnya jika kipas prosessor anda berputar tetapi komputer tetap mati itu berarti ada kemungkinan BIOS Motherboard anda bermasalah atau rusak.

3. Komputer Tidak Bisa Booting Karena Harddisk Tidak Terdeteksi

Komputer anda akan memunculkan pesan “Disk Boot Failure” jika masalah ini yg anda hadapi.

Baca juga artikel ini Harddisk Komputer Tidak Terbaca? Ini Penyebabnya

Untuk masalah ini anda dapat mengatasinya dengan cara berikut ini :

  • Pastikan kondisi kabel IDE pada harddisk sudah terpasang dengan benar.
  • Jika anda memiliki 2 harddisk IDE yang terpasang pada satu kabel, maka cek posisi jumper untuk memastikan bahwa settingan master dan slavenya tidak tertukar.
  • Cek apakah harddisk anda, jika tidak terdeteksi oleh BIOS maka harddisk anda bermasalah.
  • Coba anda cek pada permukaan harddisk karena Harddisk yang hidup akan terasa getarannya.

4. Komputer Tidak Bisa Booting Karena Masalah Memori Dan VGA Card

Jika memori dan VGA Card anda yang bermasalah maka biasanya akan terdengar bunyi beep berulang-ulang dan tampilan pada layar komputer tidak akan muncul. Anda dapat mengeceknya dengan cara berikut :

  • Coba bersihkan pin pada memori atau VGA Card anda dan pasang kembali dengan benar.
  • Anda juga bisa mencoba untuk memasang memori di slot yang lain.
  • Jika anda memiliki memori lebih dari satu, ada baiknya untuk mengecek mereka satu persatu.
  • Jika tetap terdengar bunyi beep, anda dapat mencoba mengganti memori atau VGA Card terlebih dahulu.

5. Komputer tidak mau booting karena processor kepanasan

over-heating

Jika penyebab komputer anda tidak mau booting adalah karena over heating maka anda dapat mencoba mengecek kondisi fan pada komputer anda. pastikan kondisi fan dalam keadaan normal.

6. Komputer tidak bisa booting karena harddisk atau sistem windows corrupt

Untuk mengatasi masalah ini anda dapat mengecek kondisi memori, jika anda memiliki lebih dari 1 memori maka coba untuk melepas memori yang tidak sejenis. Cek apakah error sistem pada windows sudah hilang. Jika memang harddisk anda rusak maka perbaiki atau ganti dengan yang baru. Atau anda dapat menginstal ulang windows jika memang masalahnya berasal dari sistem operasi komputer anda.

Nah semoga info diatas dapat bermanfaat bagi anda semua…

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *