Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Komputer Tidak Bisa Masuk Windows? Inilah Cara Mengatasinya

Komputer Tidak Bisa Masuk Windows ~ Memiliki komputer tentu sangat membantu kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari yang berhubungan dengan pekerjaan kantor, tugas sekolah ataupun hanya sekedar untuk mencari inspirasi.

Namun, bagaimana jika komputer tidak bisa masuk windows?

Ketika kamu menyalakan komputer dan yang ternyata yang muncul adalah tulisan error di monitor ataupun blue screen. Sungguh sangat menjengkelkan bukan? Sabar dulu, ini masalah yang memang sering terjadi. Kita cari tahu dulu yuk penyebab masalah komputer tidak bisa masuk windows.

Lansung saja, ini dia beberapa kemungkinan yang menyebabkan komputer tidak bisa booting atau gagal masuk windows:

1# Masalah pada BIOS

Komputer Tidak Bisa Masuk Windows cek first boot

BIOS pada motherboard seringkali menjadi biang masalah komputer yang tidak bisa masuk windows atau sama sekali tidak mau booting.

Untuk mengatasinya masuk ke menu BIOS, caranya restart komputer, tekan delete atau F2, kemudian atur first time booting priority untuk membaca hardisk komputer anda.

Dengan demikian pada saat komputer start-up hardisk anda yang berisi sistim operasi windows akan pertama dibaca oleh komputer.

2# Masalah pada sistim Windows

Komputer Tidak Bisa Masuk Windows start

Penyebab berikutnya tentu saja karena adanya kerusakan pada sistim operasi Windows yang kita gunakan. Misalnya adanya file windows corupt, terhapusnya beberapa file sistim Windows hingga membuat sistim tidak bisa berjalan normal.

Biasanya saat komputer restart, Windows akan meminta repair atau malah hang dan resatart setiap kali. Untuk mengatasi masalah ini, anda boleh lakukan repair windows, atau jika kerusakan parah, menginstal ulang adalah cara terbaik.

Sebelum melakukan instal ulang, pastikan backup file penting yang ada dalam hardisk.

3# Hardisk tidak terdeteksi

Komputer Tidak Bisa Masuk Windows-hardisk not detect

Hardisk merupkan salah satu perangkat keras komputer yang keberadaannya cukup vital  dalam sistim komputer, didalam memori hardisklah kita menyimpan semua data, termasuk sistim operasi Windows.

Komputer tidak bisa masuk windows, bisa terjadi salah satunya karena haridisk yang tidak terbaca atau mengalami bad sector. Sedikit mengulas bad sector hardisk adalah kerusakan pada software yang bisa bersifat ringan atau parah.

Jika bad sector adalah penyebabnya, Anda bisa memperbaiki dengan beberapa cara, misalnya dengan melakukan check disk hingga menggunakan tools repair bad sector.

Namun, jika kerusakan hardisk terdapat dibagian fisik, mengganti dengan yang baru adalah solusi yang paling tepat.

Baca juga:

4# Terjadinya blue screen

blue screen windows

Berikutnya komputer tidak bisa masuk wiindows bisa terjadi karena komputer megnalami blue screen saat start up. Blue screen bisa terjadi karena adanya kerusakan pada sistim windows itu sendiri atau masalah pada hardware komputer.

Jika blue screen terjadi karena hardware, pertama coba buka cashing, keluarkan memori RAM, bersihkan dan masukkan kembali dengan kuat ke slot ekspansi. Cara ini biasanya cukup ampuh mengatasi blue screen yang disebabkan memori yang mengalami gangguan.

5# Overheated processor

mengganti kipas processor

Processor seringkali kepanasan dan menyebabkan komputer tiba-tiba mati. Saat dicoba untuk di hidupkan kembali, komputer malah gagal masuk windows. Bahkan komputer hanya terus menerus me-restart tanpa masuk windows.

Ini bisa terjadi karena fan atau kipas processor berhenti berputar. Untuk memperbaikinya buka cashing komputer, bersihkan kipas dan coba hidupkan kembali. Jika dengan cara diatas tidak berhasil, gantilah kipas processor dengan yang baru.

Harga kipas processor cukup murah di pasaran, barangkali hanya sekitar Rp 60 ribu hingga Ro 150 ribu saja

6# Sistim mengalami conflict

Selanjutnya mengapa komputer tidak bisa masuk windows adalah karena sistim mengalami konflik saat proses start-up. Ini sering terjadi karena anda menginstal banyak sofwware tanpa berhati-hati.

Misalnya meninstal antivirus AVG, Avira, Kaspersky dan yang lain secara bersamaan. Akibatnya saat proses start-up komputer akan mengalami hang dan tidak bisa masuk sama sekali.

7# Virus

virus

Nah, kalau yang satu ini mungkin anda sudah paham. Virus yang menginfeski sebuah komputer bisa melumpuhkan sistim windows hingga tidak berfungsi.

Solusinya silahkan masuk ke safe mode dan scan menggunakan antivirus terbaik dan terupdate. Namun jika virus sudah menginfeksi dalam tahap yang parah, menginstal ulang windows adalah pilihan terbaik.

Memiliki benda elektronik memang terkadang membutuhkan perawatan yang lebih jika ingin bisa dipakai lebih awet dan tahan lama. Namun, sebenarnya semua kembali pada bagaimana kita menggunakan komputer dengan bijak.

Komputer yang rusak karena faktor usia juga tidak bisa dihidnari. Namun, jika kerusakan terjadi karena faktor pemakaian yang kurang bijak ataupun berlebihan maka lain ceritanya.

Terkadang kita terus menerus memakai komputer tanpa diimbangi dengan maintenance yang baik. Padahal, kita harus bisa menyeimbangkan penggunaan dan perawatan agar komputer bisa berfungsi dengan baik pula.

Demikian artikel tentang cara mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk windows. Semoga bisa bermanfaat sebagai solusi pada komputermu yang bermasalah dengan proses booting.

Jika cara diatas berhasil, maka kamu bisa lebih berhemat dengan uang perbaikan bukan? Selamat mencoba!

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *