Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Macam Macam Jenis Keyboard Komputer

Macam Macam Jenis Keyboard Komputer ~ Ada berapa macam keyboard komputer yang pernah anda gunakan? Saat ini penggunaan keyboard yang paling banyak di temui adalah jenis keyboard QWERTY. Jenis keyboard yang satu ini dinamakan QWERTY karena 6 tombol  huruf di keyboard tersebut tersusun secara berurutan.

Namun sebenarnya keyboard sendiri ada beragam jenis, yang di buat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal memberikan kemudahan dalam mengetik baik itu angka, huruf ataupun berbagai symbol lainnya.
Di bawah ini akan di jelaskan beberapa macam keyboard dengan jenis yang berbeda dan tentu saja dengan susunan yang berbeda juga.
1. Qwerty

 

Jenis keyboard Qwery pertama kali di buat oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878 yang pada saat itu di jadikan sebagai standar mesin tik komersial tepatnya pada tahun 1905. Keyboard jenis Qwerty sampai saat ini merupakan keyboard yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia.
 
Qwerty di rancang sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering di tekan, letaknya terpisah sejauh mungkin sehingga dapat meminimalkan kemacetan pada saat pengetikan di lakukan. Namun walaupun keyboard Qwerty di desain sedemikian rupa, dalam praktek penggunaanya masih di temukan beberapa kelemahan.
 
Sebagai contoh yang paling nyata dari ketidak efisienan jenis keyboard Qwerty adalah pengetikan huruf “a” yang mana tombol tersebut sangat sering digunakan namun harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.
2. KLOCKENBERG
Diciptakannya jenis keyboard KLOCKENBERG adalah untuk menyempurnakan keyboard yang telah ada yaitu dengan memisahkan keyboard menjadi dua bagian terpisah yaitu bagian kiri dan kanan.
 
Kedua bagian baik itu kanan dan kiri di pisahkan dengan sudut 15 derajat dengan mengarah miring ke bawah. Tombol KLOCKENBERG di buat lebih tipis dan dekat dengan meja kerja untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.
 
Tata letak KLOCKENBERG sendiri dirancang untuk mengurangi beban otot pada jari pengguna serta tangan dan bahu. Dari segi desain terlihat jelas dengan memisahkan keyboard menjadi dua bagian membut letaknya lebih memakan ruang.
3. DVORAK

 

Jenis keyboard DVORAK di buat pada tahun 1932 yang di rancang sedemikian rupa agar tangan kanan di bebani lebih banyak pekerjaan di banding dengan tangan kiri. Dari hasil uji coba yang dilakukan DVORAK mempunyai hasil yang lebih efisien antara 10-15% di banding dengan keyboard QWERTY.
 
4. Maltron
Berbeda dengan keyboard pada umumnya, Maltron dibuat sedikit agak berbentuk cekung ke dalam agar jari-jari pengguna tidak tidak dalam posisi membentuk satu garis lurus.
 
Dengan menggunakan keyboard jenis ini, pembuat keyboard Maltron menjamin akan memberikan kenyamanan pada jari tangan pengguna saat mengetik, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya RSI (Repetitive Stress Injuries) pada pengguna. 
 
Selain itu keyboard ini juga di klaim mampu meningkatkan kecepatan ketika mengetik karena penggunaan 10 jari dapat di optimalkan dengan baik.
 
5. Chord
Nah, kalau jenis keyboard Chord sendiri hanya memiliki beberapa tombol yaitu antara 4 sampai 5 saja. Jika anda bermaksud memasukkan suatu huruf maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan.
 
Dari segi ukuran Chord terlihat lebih kompak dan sangat cocok jika di gunakan untuk aplikasi yang portable. Dari sisi kecepatan Chord memang bisa di unggulkan karena memiliki kecepatan tinggi, namun masih kurang popular karena pada penggunaan yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan pengguna.
 
6. Alphabetic
Jika di perhatikan dari penyusunan tombol Alphabetic, keyboard ini di susun menyerupai susunan QWERTY ataupun DVORAK, namun susunan hurufnya terlihat jelas tersusun seperti urutan alphabet.
 
Jenis keyboard ini sering di temui pada mainan anak-anak untuk memudahkan mereka lebih mengenal huruf alphabet. 
 
Dari hasil uji coba yang dilakukan susunan Alphabet tidak memberikan sebuah kecepatan dalam hal pengetikan, melainkan yang terjadi adalah memperlambat kecepatan pada saat mengetik.
 
7. Numeric
Keybaord numeric di ciptakan berdasarkan permintaan atau kebutuhan pengguna yang menginginkan penggunaan tombol numeric (numeric keypad) yang tata letaknya bisa memudahkan jangkauan tangan pengguna.
 
Biasanya jika seseorang ingin memasukkan bilangan dalam jumlah besar, orang akan lebih suka dengan tombol numeric, dari sinilah awal di buatnya keyboard numeric.
 

Demikian Macam Macam Jenis Keyboard Komputer jika anda masih memiliki jenis keyboard lainnya silahkan tambahkan di kolom komentar. Baca juga artikel ini Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya Lengkap

Share this -->
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *