Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Membuat Bootable Flashdisk Dengan Cepat

Membuat Bootable Flashdisk Dengan Cepat ~ Flashdisk atau disebut juga USB,  Flash Drive merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan sebagai memori ekstenal.

Berhubung penggunaan CD/ROM atau DVD/RW mulai di tinggalkan dan sudah jarang di gunakan pada komputer PC dan laptop, maka flashdisk bisa menjadi pilihan sebagai bootable ketika menginstal ulang sistim operasi komputer.

Flashdisk yang bersifat portable terkadang sangat membantu pengguna untuk menyimpan file penting yang bisa di bawa kemana-mana dengan mudah.

Begitu juga pada saat kita menginstal ulang komputer, flashdisk dapat kita manfaatkan untuk menyimpan file instalasi Windows ataupun Linux dan di jadikan sebagai bootable.

Baik, jika anda masih belum berhasil membuat flashdisk sebagai bootable, ikuti terus tulisan ini.

Agar kamu bisa memanfaatkan flashdisk sebagai bootable, pertama download dulu software Rufus. Aplikasi Rufus merupakan utility kecil dan ringan yang mempunyai ukuran file sebesar 459 Kb saja.

Download pada link ini https://rufus.akeo.ie/

Berikutnya pastikan anda sudah mempunyai file instalasi Windows dalam bentuk file ISO. Jika file masih belum berbenttuk file iso, anda boleh convert dulu menjadi file ISO.

Jika kamu belum memiliki software ISO, silahkan download terlebih dahulu di google dengan memasukkan kata kunci “download Power ISO”.

Sekarang kita anggap saja anda sudah memiliki file windows yang akan di install dalam bentuk ISO.

Jika sudah, sekarang jalankan software Rufus, dan colokkan USB ke port komputer. Perlu di ingat pastikan kapasitas flashdisk anda lebih besar dari besar file instalasi yang akan di masukkan.

Jika flashdisk sudah di colokkan maka otomatis akan terlihat di Device Rufus, kemudian pilih File Format FAT 32 dan ketikkan nama bootable di New Volume Label.

Pada pilihan Format Option yang perlu anda rubah adalah Create Bootable Disk Using: pilih ISO Image dan masukkan file ISO yang sebelumnya telah anda siapkan. Jika sudah sekarang klik tombol Start dan tunggu proses tersebut selesai.

Membuat Bootable Flashdisk Dengan Cepat

Proses membuat flashdisk menjadi bootable biasanya akan memakan waktu beberapa menit, jadi anda bisa minum kopi dulu sambil menunggu proses selesai. 🙂

Jika proses sudah selesai, sekarang silahkan restart komputer dan masuk ke settingan BIOS dengan menekan F2, F3 atau delete (tergantung settingan bawaan PC atau laptop).

Jika anda sudah masuk ke BIOS, pilihlah USB atau flashdisk sebagai First Boot dan tekan F10 untuk menyimpan perubahan yang anda buat.

Sekarang, selamat !! jika anda mengikuti cara di atas maka anda sudah berhasil membuat flashdisk menjadi bootable.

Demikianlah artikel singkat Membuat Bootable Flashdisk Dengan Cepat semoga saja bermanfaat untuk agan semua.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *