Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Mengatasi Flashdisk Write Protected

Mengatasi Flashdisk Write Protected ~ Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat manusia mengembangkan berbagai alat yang dapat membantu pekerjaan manusia. Bukan hanya dalam bidang industri namun juga dalam hal komunikasi dan komputer seperti masalah memori atau flashdisk yang sekarang ini hampir dimiliki semua orang, bukan hanya kalangan muda tetapi pebisnispun menggunakannya.

edge-diskgo

Flashdisk

Perangkat ini dapat anda gunakan untuk menyimpan data sementara dan mentransfernya kedalam perangkat lain seperti PC bahkan handphone anda. Kapasitas dalam perangkat ini juga bermacam-macam mulai dari 1 GB-64 GB dengan desain yang lebih atrakif. Sayangnya terkadang perangkat ini mengalami masalah sehingga tidak bisa digunakan seperti tidak terbaca , tidak bisa dibuka dan bahkan  juga terdapat masalah write protected.

Bila sedang mengalami masalah write protected maka anda tidak bisa mentransfer data pada perangkat ini serta tidak dapat memformatnya. Namun anda jangan khawatir dulu, karena dibawah ini telah dirangkumkan beberapa cara untuk masalah write protected :

Flashdisk-Write-Protected-Enabled-29AXD

  1. Anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan diskpart command line.
  • Yang perlu anda lakukan adalah masuk windows lalu pilih run kemudian tekan CMD dan tunggulah tampilan command line
  • Setelah tampilan command line muncul beralihlah pada C:\windows\system32\DISKPART kemudian tekan tombol enter pada keyboard anda.
  • Setelah itu ketik list disk dan tekan tombol enter kembali. Kemudian pilih disk 1 dan ketiklah atribut disk.
  • Dan diskpart akan bekerja untuk memberitahu flash drive
  • Untuk menghapus sistem write protected pada flashdisk cukup menggunakan diskpart dengan mengetik atribut disk clear read

usb-disk-access-manager-write-protected_thumb

  1. Anda juga bisa menggunakan aplikasi repair V.2.9.1.1
  • download repair V.2.9.1.1 lalu koneksikan flashdisk anda pada PC atau laptop anda.
  • kemudian gunakanlah aplikasi ini tanpa anda harus menginstalnya.
  • Repair akan mendeteksi apakah flashdisk write protection yang terdeteksi oleh aplikasi ini dapat diperbaiki atau tidak. Bila tidak maka sebaiknya menggunakan alternative lain. Bila dapat diperbaiki maka setelah terdeteksi formatlah dan setelah selesai flashdisk anda dapat digunakan kembali seperti sedia kala.

Baca juga artikel ini Flashdisk Tidak Bisa Dibuka? Coba Cara Ini

  1. Cara ketiga masih menggunakan aplikasi lainnya sehingga anda perlu menginstal beberapa software seperti Usbdeview, HP Drive Key Boot Utility_v7.41.3790.0, AlcorMP_AU69x_120210_MD dan HP USB Disk Storage Format Tool 2.2.3.
  • Pertama-tama anda perlu menemukan vendor ID dan Product ID dari flashdisk anda dengan menggunakan aplikasi USBdeview.
  • Setelah mengetahui kedua data tersebut, anda sambungkan flashdisk anda dengan laptop atau PC.
  • Bukalah aplikasi alcorMP yang sudah anda install tadi kemudian masukan data vendorID dan productID lalu ubahlah settingnya dengan mengisi beberapa kolom seperti MP Mode anda isikan Capacity Optimize, Mode diisi fixed disk lalu Scan level dengan Full Scan 1 kemudian Scan mode dengan low level format, SN diisi Random set dan kemudian ECC dengan 0.
  • Lalu klik start up dan tunggu hasil format selesai.
  • Kemudian eject flashdisk namun jangan dicabut dari port USB kemudian restart komputer anda.

Baca juga artikel ini Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk

  1. Bila cara nomor tiga tidak berhasil maka anda dapat menggunakan aplikasi HP Drive Key Boot Utility_v7.41.3790.0.

Namun bila menggunakan aplikasi ini tentunya kapasitas flash drive anda akan berkurang, sehingga untuk mengembalikan kapasitas flash drive seperti semula anda perlu menggunakan aplikasi terakhir yang telah anda install tadi yakni HP USB Disk Storage Format Tool 2.2.3.

Itulah tadi cara mengatasi masalah write protected pada flashdisk anda dan semoga dapat menambah wawasan anda mengenai memori sementara ini.

Baca juga artikel ini 5 Merk Flashdisk Terbaik di Dunia

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *