Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Solusinya ~ Saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki komputer. Benda elektronik satu ini memang memiliki fungsi yang cukup vital di kehidupan manusia. Dapat dikatakan bahwa banyak aktivitas atau pekerjaan yang bergantung pada komputer. Lalu apa yang akan Anda lakukan jika tiba-tiba komputer Anda mengalami mati total ? sudah dapat dipastikan Anda akan panik dan kebingungan.

Ketika komputer Anda mati dengan sendirinya, biasanya hanya ada dua kasus yaitu mati tanpa peringatan atau mati dengan peringatan dini. Jika komputer Anda mati dengan peringatan dini, otomatis Anda dapat mencari tahu penyebabnya. Sedangkan untuk komputer yang mati tanpa peringatan, Anda akan tetap dihadapkan pada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab matinya komputer Anda. Karena itu kali ini saya akan mengulas topik tentang beberapa hal yang dapat menjadi penyebab komputer mati sendiri.

komputer-mati-sendiri

Komputer mati total

  1. Prosessor mengalami over heating (kepanasan)

Komputer pada dasarnya akan mati dengan sendirinya jika prossesor kepanasan. Hal ini terjadi karena komputer melakukan upaya pencegahan agar komponen komputer tidak mengalami kerusakan.

over-heating

Komputer mengalami over heating

Untuk mengatasi masalah over heating ini Anda dapat mencari tahu kenapa komputer mengeluarkan suhu yang cukup panas. Pertama-tama Anda dapat membuka PC Anda dan memperhatikan fan pada CPU dan PSU. Pastikan kipas dapat berputar dengan baik dan tidak ada benda-benda yang mengganggu sirkulasi udara pada PC. Lakukan pembersihan fan dari debu dan kotoran secara berkala.

Baca juga artikel ini Bagaimana Cara Mengatasi Komputer yang Berisik

  1. Adanya virus yang menyerang komputer Anda

Komputer merupakan salah satu benda elektronik yang sangat rawan diserang oleh virus, malware dan spyware. Sebagai user Anda harus berhati-hati ketika akan menginstal suatu aplikasi atau program. Karena saat proses install dan register suatu program inilah yang menjadi akses utama komputer Anda terkena virus.

Jika penyebab komputer Anda mati dengan sendirinya adalah virus maka satu-satunya jalan untuk mengatasi adalah dengan melakukan install ulang komputer Anda. Untuk melakukan pencegahan, Anda dapat menggunakan antivirus yang tentunya harus Anda update secara berkala agar tidak diserang oleh virus.

  1. Ada kerusakan pada hardware

Biasanya hardware yang mengalami masalah atau kerusakan adalah VGA, Harddisk ataupun prosessor. Pada kebanyakan kasus yang dialami oleh pengguna komputer, kerusakan pada harddisk adalah penyebab utama. Sebagai contoh adalah bermasalahnya piringan dalam harddisk yang menyebabkan komputer tidak dapat membaca sistem operasi yang tertanam dalam harddisk.

Jika salah satu komponen harddisk mengalami kerusakan akan berakibat pada tidak sempurnanya atau tidak bisanya proses booting pada komputer.

Untuk mengecek rusak atau tidaknya harddisk, Anda dapat mencoba mengganti harddisk Anda dengan harddisk teman. Dan jika setelah pengecekan, Anda berhasil menemukan dimana letak kerusakan atau masalahnya, maka Anda harus mengganti harddisk lama Anda dengan yang baru agar komputer bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah beberapa hal diatas adalah beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab komputer Anda mati dengan sendirinya. Untuk menjaga komputer Anda tetap berada pada kondisi stabil, Anda sebagai user haruslah bijak dan berhati-hati dalam penggunaannya. Jangan memaksakan komputer untuk bekerja terus-menerus tanpa henti, karena hal ini akan berakibat pada kinerja komputer Anda sendiri. Bersihkan komputer serta CPU Anda secara berkala untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?? Selamat mencoba tips diatas dan semoga berhasil..

Baca juga artikel ini Harddisk Komputer Lambat, Ini Penyebabnya

Share this -->
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *