Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya Lengkap

Bagi anda yang sudah familiar dengan perangkat keras komputer, tentu anda tahu bukan apa itu perangkat keras komputer dan apa saja fungsi dari setiap perangkat keras komputer tersebut.

Namun jika anda masih kurang familiar atau anda sedang baru belajar di dalam ilmu komputer, kali ini penulis akan membuat postingan yang mengulas Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya yang bisa anda ikuti berikut ini.

Apa itu perangkat keras komputer?

Perangkat keras komputer atau disebut juga hardware merupakan seluruh perangkat komputer yang dapat di lihat secara fisik atau dapat diraba secara nyata yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam sistim komputer.

Pada umumnya terdapat 3 bagian utama dalam perangkat keras komputer yaitu bagian perangkat input, proses dan perangkat output. Setiap bagian ini mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda, dan jika salah satu bagian tersebut menemui kendala, tentu saja akan mempengaruhi kinerja komputer.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dijelaskan apa saja fungsi  dari tiap-tiap bagian perangkat keras komputer seperti yang telah disinggung di atas.

Perangkat Input (Input Device)

Perangkat input atau input device di sebut juga sebagai unit masukan yang berfungsi untuk memberikan input pada komputer yang selanjutnya akan di proses dan di ekseekusi.

Contoh berbagai perangkat input komputer dapat di jelaskan seperti berikut ini.

1. Keyboard

 

Keyboard merupakan perangkat input komputer yang memberikan perintah masukan. Nah, jika anda mengetikkan tombol apapun dari keyboard anda, maka komputer akan membaca dan menyimpan perintah yang anda ketikkan sebagai perintah masukan yang seterusnya akan diberikan ke bagian pemrosesan untuk segera di proses.

Baca juga artikel ini Macam Macam Jenis Keyboard Komputer

2. Mouse

 

Berikutnya mouse juga merupakan perangkat input komputer. Mouse di sebut juga dengan pointer atau penunjuk yang mengarahkan kemanapun sesuai dengan keinginan pengguna. Selain berfungsi sebagai penunjuk atau pointer, berikutnya mouse juga berfungsi untuk melakukan klik, double klik dan scrool.

Pada saat ini seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras komputer, mouse juga mengalami beberapa perubahan baik dari segi desain dan bentuk. Sebagai contoh pada laptop masa kini mouse konvensional telah bisa digantikan dengan adanya touchpad yang memiliki fungsi yang sama dengan mouse terdahulu namun touchpad telah menyatu dengan bagian laptop itu sendiri sehingga lebih praktis dan fleksibel.

Berikut ini gambar dari sebuah touchpad yang di gunakan di laptop.

3. Joystick

 

Joystick biasanya sangat sering kita lihat khususnya jika anda juga adalah seorang gamer komputer. Joystick berfungsi untuk memberikan perintah masukan pada komputer.

Sebagai contoh saat anda bermain game dan anda mengarahkan joystick baik itu  ke kanan ataupun ke kiri maka perintah tersebut akan di kirimkan ke dalam komputer sebagai perintah masukan yang selanjutnya akan di berikan ke bagian pemrosesan.

4. Scanner

 

 

Scanner biasanya di gunakan untuk menyalin atau mengcopy sebuah dokumen seperti KTP, atapun dokumen penting lainnya baik itu berupa text ataupun gambar.

Nah, hasil dari scan tersebut akan diberikan atau di masukkan ke dalam komputer yang selanjutnya bisa di gunakan atau di cetak oleh pengguna.

5. Microfon

 

Microfon sering digunakan untuk merekam suara yang sinyal audionya kemudian akan ditangkap oleh perangkat microfon dan di kirimkan ke komputer sebagai perintah masukan. Microfon juga digunakan pada saat pengguna melakukan teleconference.

Sebagai contoh saat anda melakukan panggilan menggunkan aplikasi komputer seperti skype, facebook call dan lainnya, maka untuk mengirimkan suara anda ke lawan bicara anda ataupun menerima sinyal suara dari teman anda maka microfonlah yang bertugas untuk melakukannya.

6. Webcam

 

Webcam merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menangkap sinyal video atau gambar dari pengguna untuk selanjutnya di masukkan ke komputer sebagai masukan.

Webcam sering di gunakan pada saat pengguna komputer melakukan video call, nah agar gambar anda atau teman anda dapat anda lihat saat melakukan video call maka webcam di gunkan untuk menangkap gambar pengguna.

Perangkat webcam mempunyai kamera yang biasanya sudah di pasang di laptop anda. Jika anda menggunakan komputer desktop, anda juga bisa membeli webcam untuk di sambungkan ke pc anda.

Perangkat Proses (Process Device)

1. RAM

 

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komuter. Jadi saat anda memberikan perintah masukan pada komputer, maka memori ram akan menyimpan perintah tersebut untuk sementara dan kemudian akan di kirimkan ke processor untuk di eksekusi.

2. Processor

 

Processor atau di kenal juga dengan cpu (central processing unit) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah perintah. Perintah yang di dapat di berikan oleh memori ram komputer dan processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah.

Kecepatan kinerja dari sebuah komputer akan sangat dipengaruhi oleh seberapa cepat processor yang dia miliki. Satauan dari processor di kenal dengan Hertz. Semakin tinggi kecepatan processor tentu semakin cepat kinerja sebuah komputer.

3. Motherboard

 

Motherboard atau sering juga di sebut sebagi mobo merupakan sebuah papan sirkuit pada komputer yang berfungsi untuk meletakkan dan menjaga koordinasi antara komponen komputer seperti processor, ram, kartu grafis, hardisk, cooling fan dan perangkat lainnya.

4. Kartu grafis

Kartu grafis atau disebut juga dengan kartu video merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah sinyal video agar menghasilkan akselerasi yan cepat dan tampilan yang tajam, halus dan cantik.

Penggunaan kartu grafis sudah merupakan hal yang wajib ada, khusunya jika pengguna adalah orang yang senang memainkan game atau sering di gunkan juga bagi mereka yang berprofesi sebagai desain grafis untuk memaksimalkan tampilan ataupun kecepatan akselerasi video.

5. Hardisk

 

Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Selain menyimpan data pengguna secara permanen, hardisk juga di gunakan untuk menyimpan dan menjalankan file sistim operasi komputer baik itu windows, unix, ataupun linux.

6. Power supply

 

Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.

Perangkat Output (Output Device)

1. Monitor

Perangkat Monitor
 

Monitor atau di kenal juga dengan sebutan screen berfungsi untuk menampilkan gambar pada pengguna. Agar pengguna bisa berinteraksi dengan komputer tentu setiap pengguna harus bisa melihat tampilan dari komputer tersebut, dan inilah fungsi dari screen atau monitor.

Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras, screen atau monitor komputer juga mengalami beberapa perubahan.

Jika dahulu monitor masih dengan tipe tabung yang ukurannya besar dan konsumsi dayanya tinggi, maka untuk saat ini monitor komputer sudah tersedia dengan banyak desain mulai dari tampilan yang begitu tipis, layar dengan model LED dan tampilan gambar yang lebih jelas, nyaman untuk dilihat dan lebih hemat daya.

2. Printer

 
Printer merupakan perangkat keras komputer yang berguna untuk mencetak hasil atau output. Dengan adanya printer, pengguna akan bisa melakukan print atau mencetak data dan berkas penting yang di butuhkan.

3. Speaker

 

Selanjutnya speaker merupakan perangkat keras yang bertugas untuk mengolah sinyal audio sehingga suara yang di hasilkan komputer bisa di dengarkan oleh pengguna. Speaker sendiri ada yang sudah di satukan dengan komputer seperti halnya laptop dan gadget lainnya.

Namun begitu anda bisa saja menambahkan speaker lainnya untuk di hubungkan ke komputer anda guna mendapakatkan hasil audio yang lebih bagus.

Pheriperal atau perangkat keras penting lainnya

Untuk membuat komputer semakin baik dalam hal memenuhi kebutuhan user, berbagai perangkat keras lainnya juga sering atau umum digunakan seperti yang akan di tuliskan berikut ini.

1. Storage

 

Storage atau dikenal dengan media penyimpanan merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan external seperti floppy disk, usb ataupun flashdisk dan hardisk external.

Storage ini sangat membantu pengguna komputer dalam hal menyimpan data. Dengan adanya storage, data akan mudah di simpan dan bisa di bawa kemana-mana dengan mudah dan flexible tanpa perlu membawa hardisk komputer anda.

2. CD/DVD RW

 

CD/DVD RW atau lebih dikenal juga dengan CD Drive berfungsi untuk membaca CD ataupun file yang ada dalam kepingan DVD di dalam komputer. CD/DVD RW juga berfungsi untuk memburning  data ke dalam CD ataupun DVD.

3. LAN Card

 

Berikutnya LAN Card (Local Area Network) merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai kartu jaringan. Dengan adanya kartu jaringan di komputer akan menjadikannya bisa terhubung satu sama lain di dalam jaringan komputer.

4. Modem (Modulator Demodulator)

 

Nah, kalau perangkat keras yang satu ini anda sudah tahu bukan? Untuk lebih mudah mengingat fungsinya, modem merupakan perangkat keras komputer yang di gunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

5. Cashing CPU

 

Berikutnya cashing cpu berguna untuk melindungi motherbard dan seluruh komponen pendukung lainnya dari gangguan-gangguan luar baik itu dari debu, kotoran dan sebagainya.

Di dalam cashing inilah motherboard komputer dan perangkat pendukung lainnya di letakkan dan di susun sedemikian rupa. Cashing sendiri telah dirancang sebaik dan seefektif mungkin oleh pembuatnya agar terlihat lebih simple dan mampu memproteksi komponen yang ada di dalamnya.

6. Fan

 

Fan atau kipas merupakan perangkat keras yang berguna sebagi cooler atau pendingin sehingga panas yang di kelauarkan oleh komponen komputer dapat di serap, dengan demikian panas yang berlebih atau overhat dapat di hindari.

Penggunaan kipas banyak di tambahkan pada perangkat keras yang umumnya mempunyai kinerja dan menghasilkan panas tinggi, seperti kipas pada processor, kipas memori, hardisk, ups, motherboard dan sebagainya.

7. UPS

 

Power supply atau di kenal juga dengan UPS (Uninterruptible power supply) merupakan perangkat keras yang di gunakan untuk menjaga ke stabilan daya atau voltase pada komputer sehingga daya yang diberikan ke perangkat komputer tidak melebihi batas normal.

UPS ini juga berfungsi untuk melindungi komputer jika arus listrik mati tiba-tiba. Dengan menggunakan ups, maka sekalipun arus listrik mati maka ups masih mampu memberikan daya dan membiarkan komputer anda hidup beberapa saat sehingga anda masih sempat menyimpan data anda dan mematikan komputer dengan cara yang aman.

Sekian artikel Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya semoga bisa membantu anda.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *