Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Perbedaaan USB 2.0 dan 3.0

Perbedaaan USB 2.0 dan 3.0 ~ Istilah USB merupakan kata yang familiar dan kerap kita dengar setiap hari. Ini tak lain karena device satu ini selalu kita gunakan ketika menggunakan komputer. Jika anda masih kurang paham dengan USB, kamu bisa ikut terus tulisan berikut yang akan memaparkan apa itu usb, jenis usb dan perbedaan di antaranya.

Pengertian USB

USB merupakan kepanjangan dari universal serial bus yang digunakan untuk menghubungkan komputer anda dengan piranti lainnya seperti flasdisk, modem ataupun HD eksternal. Jenis USB saat ini banyak yang mengalami perkembangan diantaranya adanya USB 2.0 dan USB 3.0.

Perbedaaan USB 2.0 dan 3.0

USB disini bisa juga dikatakan sebagai media untuk berkomunikasi antar perangkat komputer dan biasa anda jumpai dalam hardware komputer seperti printer ataupun handphone maupun scanner.

Munculnya kedua USB tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan pada tiap sistemnya. Bila anda ingin mengetahui lebih dalam untuk topik ini berikut telah dirangkumkan perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0 sebagai berikut yang bisa dijadikan referensi anda :

1. Usb 3.0 tentunya memiliki kecepatan 6 hingga 10 kali nlebih cepat ketimbang USB 2.0 dimana kecepatan mentransfer data bisa mencapai sekitar 3.2Gbps (400MB/s) atau 8 Gpbs. Hal ini dapat dilakukan USB 3.0 dikarenakan teknologi full duaplex yang memiliki kemampuan transfer dua arah sehingga mampu membaca dan memindah atau mentransfer data lebih cepat.

2. Kelebihan kedua yang dimiliki USB 3.0 adalah tidak boros dalam hal penggunaan listrik serta tegangan yang jauh lebih stabil sehingga mampu menampung 4-6 perangkat. Dari segi managemen power jauh lebih unggul ketimbang USB 2.0 karena dilengkapi dengan kemampuan idle, suspend dan sleep.

3. Kelebihan 3.0 ternyata memiliki kelemahan diantaranya bila perangkat USB 3.0 sedangkan port dalam computer adalh port 2.0 maka perangkat seperti flashdisk tidak akan terbaca oleh computer anda. Hal ini tentu saja tidak berlaku untuk USB 2.0 sehingga USB 2.0 tetap dapat terkoneksi meskipun port menggunakan port 3.0.

4. Meskipun USB 2.0 dikenalkan lebih dulu yakni pada tahun 2000 bulan april lalu ternyata memiliki keunggulan seperti telah tersuport banyak system sehingga tidak memerlukan driver tambahan

5. Dari segi kecepatan memang USB 0 unggul karena merupakan keluaran tahun 2007 dan kompatibel dengan Linux, Windows 7 sayangnya tidak compatible dengan Windows XP

6. Boleh jadi USB 2.0 memiliki beberapa kekurangan namun juga ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh USB 3.0 yakni memiliki panjang kabel sepanjang 5 meter sehingga tidak perlu tambahan kabel seperti USB 3.0.

7. USB 3.0 ternyata juga memiliki kekurangan perihal kecepatan piringannya yang tidak dapat bekerja secara optimal pada semua perangkat. Hal ini pada akhirnya memperlambat kecepatan piringan tersebut untuk berputar.

8. Dari segi fisik USB 2.0 bila anda melihat didalamnya maka akan menemukan konmponen kabel sebanyak 4 kabel di sisi jack kabel sedangkan USB 3.0 memiliki 9 kabel.

9. Bila anda mencerati lebih dalam bagian dalam USB untuk USB 3.0 akan berwarna biru sedangkan USB 2.0 akan berwarna putih.

10. USB 2.0 dikenal memerlukan daya hingga 900 mA lebih besar ketimbang USB 3.0 yang tentunya akan meningkatkan biaya listrik anda.

Baca juga:

Perangkat Keras Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Fungsi Wireless Router di Dalam Jaringan Komputer

Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Itulah beberapa perbedaan antara USB 3.0 dengan USB 2.0 yang mana memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Anda bisa menggunakan informasi diatas sebagai referensi dalam menetapkan USB mana yang lebih menguntungkan anda untuk digunakan kedepannya.  Terlepas dari USB yang anda gunakan saat ini anda juga bisa mengoptimalkan fasilitas Bluetooth yang ada pada computer anda.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *