Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer

Perbedaan Harddisk SATA dan ATA Komputer ~ Harddisk merupakan salah  komponen yang snagat vital dalam komputer ataupun laptop. Dalam sejarah perkembangan komputer khususnya untuk teknolgi penyimpanan data telah terbagi menjadi dua yaitu SATA dan ATA.  Apakah anda pernah mendengar tentang SATA dan ATA?

Atau anda sama sekali belum pernah mendengar tentang hal ini ? jangan khawatir karena disini kita akan sama-sama sharing dan belajar tentang apa itu harddisk SATA dan ATA.

harddisk ata-sata

Berikut ini akan kita ulas tentang perbedaan harddisk SATA dan ATA komputer :

Baca juga artikel ini Tips Merawat Harddisk Agar Awet dan Tahan Lama

  1. Harddisk SATA

Kabel Sata

Kabel SATA

Serial Advanced Technology Attachment atau biasa disebut SATA adalah sebuah teknologi mutakhir dari model Paralel Advanced Technology Attachment atau biasa disebut PATA. Model PATA ini meski dikenal memiliki kelebihan dan standar yang terbukti lebih ampuh ternyata juga memiliki kelemahan yang bisa dibilang sangat mengkhawatirkan. Beberapa kelemahan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Teknologi kuno dari SATA (PATA) memiliki panjang kabel yang terbatas yaitu sepanjang 46 cm.
  • Perangkat harddisk pada teknologi SATA akan cepat panas karena fitur pendingin tidak bekerja secara optimal.
  • Kemampuan maksimal untuk transfer data dari teknologi ini hanya mencapai 133 MB/detik.

kabel-sata

Kabel SATA

Kemampuan SATA terlihat jelas cukup jauh dari teknologi PATA. Dengan mengandalkan kabel tipis, konektor 7-pin ukuran kecil serta transfer data yang super cepat. SATA memiliki kabel dengan panjang hingga 3 kaki atau 1 meter dan kabel ini juga mudah untuk diatur sehingga aliran udara dapat bebas masuk ke dalam casing harddisk.

Dan SATA hanya membutuhkan daya sekitar 250 mV sedangkan untuk PATA  membutuhkan daya awal sebesar 5 volt. Faktor ini memberikan efek positif karena tegangan inti chip menjadi lebih stabil.

Dan untuk membandingkan harddisk SATA dan ATA dari segi performa, tenaga serta konektor, SATA layak berada di posisi paling atas. Bahkan produsen-produsen mulai beralih dan menggunakan SATA sebgai standar utama. SATA juga dikenal dengan fitur hot-swap yaitu sebuah metode pintar dimana teknologi ini mampu menyalakan dan mematikan perangkat komputer anda tanpa di shutdown.

  1. Harddisk ATA

Kabel ATA

Kabel ATA

Sedangkan untuk harddisk ATA atau Advanced Technology Attachment adalah merupakan tipe harddisk yang masih sering dipasang pada perangkat komputer atau laptop anda hingga saat ini. Namun penggunanya terus menerus menurun dari tahun ke tahun. ATA sendiri menggunakan 16 bit parallel yang telah diketahui menjadi standar baku sejak tahun 1996. Dan sejak saat itu teknologinya terus berkembaang peseta terutama dalam hal kecepatan transfer data.

ATA-7 merupakan standar  terakhir dari ATA yang telah diperkenalkan secara resmi di tahun 2001. Untuk ATA-7 ini kecepatan transfer data mencapai 133 MB/detik dan juga menggunakan 16 bit parallel untuk mengontrol komputer anda.

Untuk perbedaan SATA dan ATA jelas terlihat dari kabel data dan power yang digunakan. Keduanya sangat bertolak belakang, untuk ATA 200GB hanya mengandalkan kabel pita setebal 2 inch dan 40 pin koneksi daa. Setiap 4 pin sambungan membutuhkan tegangan sebesar 5 volt. Dan untuk panjang kabel, ATA hanya menggunakan kabel sepanjang 18 inch.

PERBEDAAN-KABEL-SATA-DAN-ATA

Perbedaan Kabel SATA dan Kabel ATA

Dari ulasan diatas dapat anda ketahui bahwa untuk membandingkan harddisk SATA dan ATA sedah jelas bahwa teknologi SATA unggul dalam segala hal karena SATA tidak membutuhkan daya besar, transfer data lebih cepat, tidak mudah panas dan kabel lebih panjang. Sedangkan untuk ATA lebih membutuhkan daya yang besar, transfer data tidak terlalu cepat, mudah panas dan kabel cukup pendek.

Semoga info diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Baca juga artikel ini Perbedaan Harddisk dan Flashdisk Komputer

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *