Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Perbedaan LCD dan LED Monitor Komputer

Perbedaan LCD dan LED Monitor Komputer ~ LCD sama LED emang gampang-gampang susah buat dibedain. Mungkin ada dari sebagian kalian menganggap bahwa LCD dan LED itu sama padahal keduanya berbeda.

Perbedaan LCD dan LED

Ya, dari namanya saja kita bisa menemukan perbedaan yang nyata diantara keduanya. LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, sedangkan LED adalah Light Emitting Diode. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak baik-baik Perbedaan LCD dan LED Monitor Komputer, di bawah ini:

1. Material Penyusunnya

LCD dan LED sama-sama disusun oleh matriks-matriks yang menghasilkan 3 warna dasar, yaitu warna RGB atau Red Green Blue. Tapi bedanya LCD tersusun atas matriks-matriks kristal cair sedangkan LED tersusun atas matriks-matriks LED.

Perbedaan yang mendasar diantara keduanya adalah untuk bisa menghasilkan warna-warna di monitor dan akhirnya bisa dilihat oleh pengguna, LCD membutuhkan dukungan cahaya latar/backlight berwarna putih. Sedangkan LED sama sekali tidak membutuhkan backlight, matriks-matriks yang menyusun LED akan secara otomatis menghasilkan cahaya sendiri sehingga warna akan muncul juga dengan sendirinya.

LCD vs LED

2. Angle View atau Sudut Pandang
Angle view yang dipunyai oleh LCD dan LED berbeda. LCD memiliki angle view yang lebih sempit dibandingkan dengan LED. Angle view yang dipunyai oleh LCD memang lebih sempit karena ukuran panel LCD terdiri dari beberapa lapisan, jadi emang strukturnya lebih tebal. Sedangkan LED punya angle view yang lebih luas dan juga lebih tipis. Cahaya yang dihasikan oleh monitor LED lebih jernih dan tidak menyilaukan karena seperti yang telah dijelaskan tadi, LED tidak membutuhkan bantuan backlight untuk memancarkan cahaya.

3. Ketajaman Warna

Masalah ketajaman warna, lagi-lagi LED lebih unggul daripada LCD. monitor LCD memiliki ketajaman yang lebih rendah dibandingin monitor LED. Tentu kalau misal dinyalakan secara berdampingan, monitor LED akan terlihat mempunyai kontras warna yang lebih jelas. Apalagi pada warna hitam dan putih, kalian akan bisa membedakannya sendiri.

4. Daya Tahan

Soal daya tahan, sayang sekali LCD masih lebih rendah dibandingkan LED. Jika kamu punya monitor LED, maka ketika monitor itu dinyalakan maka daya tahannya bisa sampai dengan 100.000 jam. Tapi monitor LCD ketika dinyalakan hanya bisa bertahan sampai dengan 60.000 jam.

Lalu kenapa LED bisa punya daya tahan yang lebih lama daripada LCD? Hal itu karena perbedaan teknologi yang ada di antara keduanya.

LED punya desain yang lebih tipis dibandingkan LCD sehingga daya tahannya juga jauh lebih hemat. Sedangkan LCD dari segi desain memang lebih besar serta menggunakan pula teknologi CCFL yang terus menerus memancarkan cahaya,

Ya.. jadinya jauh lebih boros energi dan punya daya tahan yang lebih kecil dibandingkan LED.

LCD vs LED

5.Harga

Kalau kamu nyimak dari awal pasti tau dong gimana kualitas warna atau gambar yang dihasilkan di monitor LCD sama monitor LED. Jelas, monitor LED memang lebih unggul dari semua sisi yang telah disebutkan di atas. Tak heran jika harga LED jauh lebih mahal dari harga monitor LCD pada ukuran dan device yang sama.

Nah demikianlah, Perbedaan LCD dan LED Monitor Komputer. Sudah lebih paham ya mengenai perbedaan keduanya? Artikel di atas sudah menjelaskan perbedaannya dari mulai material penyusunnya, angle view atau sudut pandang, ketajaman warna, dan daya tahan. Jadi kamu bisa lebih bijak lagi dalam memilih monitor komputer. Apakah LCD atau LED? Semua keputusan ada di tanganmu. Semoga membantu.

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *