Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Perbedaan Memori Internal Dengan Memori Eksternal Komputer

Perbedaan Memori Internal Dengan Memori Eksternal Komputer ~ Memori merupakan salah satu perangkat keras komputer yang keberadaannya begitu vital dalam sistim komputerisasi.

Sesuai namanya memori berfungsi untuk menyimpan data baik yang bersifat sementara (dynamic) atau juga permanen (statis). Memori dapat di bagi dalam dua jenis yakni memori internal dan memori eksternal.

Untuk memahami lebih jauh perbedaan di antar keduanya berikut akan kita ulas.

Memori Internal

Memori Internal komputer berbeda dengan memori eksternal

Dari fungsi berdasarkan jenis, memori internal merupakan memori yang menyimpan data sementara atau dynamic dan dapat di akses processor secara langsung.

Memori internal dapat menyimpan data sementara seperti program atau aplikasi yang sedang di jalankan pengguna atau menyimpan beberapa instruksi dan sistim operasi yang sedang berjalan.

Internal memori dikatakan bersifat sementara atau dynamic karena sifat penyimpanannya yang juga sementara. Misalanya katakan saja anda sedang menjalankan beberapa aplikasi baik itu game, Microsoft Word, instruksi sistim operasi, program dan lainnya.

Instruksi yang anda berikan akan disimpan sementara di memori internal RAM sebelum di eksekusi processor. Selanjutnya jika anda mematikan komputer atau restart ulang maka data atau instruksi yang tersimpan di dalam memori RAM akan terhapus dan tidak dapat di temukan lagi.

Untuk itu jika anda ingin menyimpan file secara permanen pastikan anda melakukan save ke memori eksternal seperti harsisk atau flashdisk sebelum anda mematikan atau melakukan restart ulang komputer.

Memori internal juga dapat berupa ROM (Read Only Memory) komputer berupa chip semikonduktor yang isinya hanya dapat di baca. ROM di rancang untuk menjalankan program BIOS (Basic Input Output System) di sinilah kita menyimpan beberapa settingan BIOS.

ROM yang juga merupakan perangkat keras komputer biasanya telah di tanamkan di dalam motherboard komputer.

Memori Eksternal

Memori eksternal komputer berbeda dengan memori internal

 

memori eksternal komputer flasdisk

Memori eksternal merupakan memori yang bersifat statis dimana data yang anda simpan tidak akan hilang sekalipun komputer di matikan atau di restart.

Memori eksternal dapat berupa hardisk komputer ataupun flashdisk dan eksternal harddrive yang biasanya berukuran besar dan di rancang untuk menyimpan data pengguna secara permanen.

Karena fungsi memori eksternal di siapkan untuk menyimpan banyak data secara permanen maka kapasitas eksternal memori jauh lebih besar di banding memori eketernal yang biasa kita gunakan seperti 2GB RAM, 4GB RAM atau 8GB RAM.

Hardisk bisa memiliki kapasitas penyimpanan yang begitu besar seperti HDD 500GB atau HDD 1TB atau mungkin lebih besar lagi.

Nah, agan semua sudah pada pahamkan perbedaan memori internal dengan memori eksternal? Semoga tulisan ini bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar agan untuk menanyakan perihal internal memori dan eksternal memori.

Share this -->
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *