Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Perbedaan Perangkat Lunak dan Keras (Software Vs Hardware)

Perbedaan Perangkat Lunak dan Keras (Software Vs Hardware) ~ Ada yang masih bingung bedanya perangkat lunak (software) sama perangkat keras (hardware)? Iya sih sebenernya namanya mirip-mirip tapi udah bisa ditebak juga kan dari namanya kalau perangkat-perangkat itu punya fungsi yang berbeda?

Perangkat lunak atau software, seperti namanya, emang sifatnya nggak tampak nyata dan bisa dengan mudah kamu sentuh ataupun lihat secara langsung.

Bisa dikatakan kalau software itu si pemberi instruksi.

Perangkat Lunak atau Software

Iya, software memberikan instruksi kepada unit pengolah data supaya komputer yang sedang kamu pakai itu tetep berjalan. Selain memberikan instruksi, software juga jadi perantara antara kamu sebagai seorang pengguna dan hardware komputer (nanti akan dijelasin hardware itu apa).

Software sendiri dibagi menjadi 3 macam, antara lain:

1. Sistem Operasi

Kalau yang dimaksud dengan sistem operasi itu adalah sistem yang udah mulai bekerja saat kamu nyalain komputer. Contoh dari sistem operasi (OS) itu kayak Windows XP, Windows 7, Windows 8, Linux, Mac, dan banyak lagi lainnya. Kalau kamu pengguna komputer atau mungkin laptop, pasti udah familiar banget sama yang namanya sistem operasi.

2. Program Utilitas
Nah kalau program utilitas itu fungsinya sebagai alat bantu dari sistem operasi yang udah dijelasin di atas. Bantuinnya gimana? Program utilitas membantu sisitem operasi dengan cara meningkatkan kinerja komputer. Contoh program utilitas tuh seperti aplikasi pemindai kerusakan, defragmenter, dan masih banyak lagi.

3. Program Aplikasi
Program aplikasi gunanya buat bantu kamu aliaskan memudahkan pengguna dalam berbagai perkerjaan saat menggunakan komputer. Ya contohnya kayak program pengolah kata, pengolah angka, dan lain sebagainya.
Itu tadi tentang perangkat lunak atau software.

Terus apa Perbedaan Perangkat Lunak dan Keras (Software Vs Hardware)? Apa sih hardware?

Perangkat Keras atau Hardware Komputer

Jadi gini, kalau tadi software itu si pemberi instruksi, nah kalau hardware itu kurang lebih sebagai yang diberi instruksi. Hardware adalah komponen komputer yang sifatnya nyata. Nggak kayak software yang nggak keliatan, kalau hardware itu bener-bener keliatan bentuknya secara fisik, bisa disentuh, terus bisa dilihat secara langsung.

Hardware ada 4 jenis, antara lain:

1. Perangkat Masukan (Input)

Kayak namanya, perangkat masukan ini biasanya berupa perangkat atau benda yang dimasukkan ke dalam komputer dan nantinya bakalan diproses oleh perangkat pengolah data. Contohnya nih seperti mouse, keyboard, scanner, joystick, webcam, dan lain sebagainya. Pasti udah banyak yang tau kan contoh-contoh perangkat masukan yang disebutin tadi?

2. Perangkat Keluaran (Output)
Kalau tadi yang dimaksud dengan perangkat masukan itu berbagai macam benda yang dimasukkan dan punya fungsinya sendiri-sendiri, nah kalau perangkat keluaran itu perangkat yang fungsinya mengeluarkan atau menampilkan data yang ada di dalam komputer. Bisa dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video. Misal kayak monitor, speaker, printer.

3. Perangkat Penyimpanan (Storage)
Namanya juga perangkat penyimpanan, ya.. fungsinya juga untuk menyimpan data yang ada di komputer, kayak data gambar, dokumen, foto, dan lain sebagainya. Kamu juga pasti udah banyak yang punya jenis hardware berupa perangkat penyimpanan ini. Iya, kamu udah pada punya flashdisk atau hardisk kan? Ya, itu beberapa contoh dari perangkat penyimpanan.

4. Perangkat Jaringan (Networking)

Kalau kamu lagi gunain internet di komputer atau laptopmu, naaah itu kamu pasti sedang gunain yang namanya perangkat jaringan (networking). Contohnya kayak modem atau LAN (kartu network yang berfungsi untuk menyambungkan koneksi.

Yap, itulah tadi Perbedaan Perangkat Lunak dan Keras (Software Vs Hardware). Gimana? Udah paham kan perbedaaan kedua perangkat itu? Emang sama-sama berhubungan dengan komputer sih tapi berbeda bentuk dan kegunaannya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuanmu tentang komputer ya…

Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *