Perangkat Keras Komputer,Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya,Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras KomputerBandar Online Terpercaya

Tingkatan Processor Intel Di Era 1980 Hingga 1990-an

Processor atau disebut juga dengan cpu merupakan salah satu perangkat keras komputer yang begitu penting keberadaannya yang berfungsi sebagai otak atau inti dari sebuah komputer.

Processor berbentuk sebuah chip yang berupa integrated circuit (IC) yang bertugas untuk mengeksekusi sebuah perintah dan melakukan perhitungan. Letak dari processor sendiri dapat anda lihat di dalam motherboard komputer anda yang di tanamkan di socket processor.

Untuk kali ini kita mengulas Tingkatan Processor Intel Di Era 1980 Hingga 1990-an yang saya pikir banyak di antara kita tidak sempat lagi menggunkan beberapa processor tersebut karena telah tergantikan dengan teknologi processor yang di atasnya.
-Processor seri MCS4
Processor 8 bit i8008
 
Perjalanan processor intel pertama di mulai dari processor seri MCS4 yang menjadi cikal bakal dari processor i4040. Pada awalnya processor 4 bit ini di rencanakan sebagai otak dari calculator yang selanjutnya masih di tahun yang sama 1971 intel merevisi ke i440.
 
Processor ini awalnya di pesan oleh sebuah perusahaan jepang untuk membuat calculator, namun yang terjadi adalah kemampuan processor ini jauh lebih hebat dari yang diharapakan pada awal
pembutan, sehingga Intel membeli hak guna dari perusahaan Jepang untuk perkembangan penelitian lebih lanjut, dari sinilah cikal bakal perkembangan di gunakannya processor ke arah komputer.
Processor 8 bit i8008
Processor 8 bit i8008
Processor 8 bit i8008

Berbeda dengan versi seri MCS4, pada tahun 1972 processor i8008 hadir dengan 8 bit pertama, namun masih kurang baik karena bersifat multi voltage.

 
-Processor 8085
Processor 8085
Processor 8085
 
Kembali pada tahun 1977 telah terjadi perkembangan pada penggunaan voltage processor yang lebih baik dan berikutnya menjadi cikal bakal single voltage +5V.
 
-8086-8088 Microprocessor
8086-8088 Microprocessor
8086-8088 Microprocessor
Pada tahun 1978 processor i8086 muncul dengan register 16-bit dan bus data external 16-bit dengan memori addressing 20-bit. Penggunaan processor ini sangat sedikit karena harganya yang
mahal dan terjadinya kelangkaan komponen pendukung 16 bit. Dari masalah tersebut muncullah processor i8088 yang menggunakan 16 bit bus internal.
-286 Microprocessor
8086-8088 Microprocessor
286 Microprocessor
Perkembangan berikutnya intel membuat processor 286 dengan register 16-bit dan bus eksternal 16-bit serta mennggunakan memori addressing 24-bit yang memiliki kemampuan mengakses maksimal 16 MB memori, namun yang menjadi kekurangan dari processor ini adalah ditemukannya bug pada desain hardwarenya.
 
-Intel386™ Microprocessor 
8086-8088 Microprocessor
Intel386™ Microprocessor
Berikutnya pada tahun 1985 intel merilis processor yang sama sekali baru, dengan menggunakan sistim 32-bit rergister dan bus data eksternal 32-bit, pada saat processor 386 di rilis, diperkenalkan juga mode protected 32 bit untuk memori addressing 32 bit dan mampu mengakses maksimal 4 gb, pada chip inilah mulai di kemas dalam bentuk PGA (Pin Grid Array).
 
-Intel486™ DX CPU Microprocessor
Intel486™ DX CPU Microprocessor
Intel486™ DX CPU Microprocessor
Tahun 1989 Intel kembali lagi meluncurkan processor yaitu i80486 yang di dukung dengan fitur FPU internal skema clock multiplier sehingga lebih cepat, dan pada saat itu telah menjadi populer.
 
-Intel® Pentium® Processor
Intel® Pentium® Processor
Intel® Pentium® Processor
Pada tahun 1993 era processor pentim di luncurkan oleh Intel yang mempunyai struktur PGA yang lebih besar dan kecepatannya lebih baik di banding i804486 sebelumnya.
 
-Intel® Pentium® Pro Processor
Intel® Pentium® Pro Processor
Intel® Pentium® Pro Processor
Berikutnya pada atahun 1977 Intel melakukan beberapa inovasi dengan meluncurkan processor Intel Pentium Pro dengan teknologi MWX, dimana cache memori tidak lagi menjadi 1 inti dengan processor.
 
-Intel® Pentium® II Processor
Intel® Pentium® II Processor
Intel® Pentium® II Processor
Hadirnya processor Inetel Pentium II telah menggabungkan Intel MWX yang telah dirancang secara khusus untuk menangani pengolahan baik itu data audio, video dan tampilan grafik secara efisien.
 
Transistor yang di tanamkan dalam chip Intel Pentium 2 terdapat sekitar 7.5 juta transistor sehingga kemampuannya lebih hebat lagi.
 
-Intel® Pentium II Xeon® Processor
Intel® Pentium II Xeon® Processor
Intel® Pentium II Xeon® Processor
Perkembangan selanjutnya Intel merilis processor Pentium II Xeon yang di buat khusus untuk kebutuhan pada apliaksi server, hal ini di lakukan Intel guna menjawab kebutuhan pasar pengguna komputer di seluruh dunia.
 
-Intel® Celeron® Processor
Intel® Celeron® Processor
Intel® Celeron® Processor
Di luncurkannya Intel Celereon pada tahun 1999 adalah untuk membidik pengguna yang tidak memerlukan kecepatan processor yang begitu tinggi dengan harga yang terjangkau.   
Kemampuan Intel Celereon sedikit lebih lambat di banding Pentium, karena L2 cache yang dibuat lebih kecil dan clock speed yang lebih lambat.
 
-Intel® Pentium® III Processor
Intel® Pentium® III Processor
Intel® Pentium® III Processor
 
Dengan hadirnya processor Intel Pentium III pada tahun 1999, Intel telah menambahkan berbagai instruksi dan perbaikan baru pada processor yang mampu menghasilkan pencitraan tinggi, tiga
dimensi, audio steraming, membuka aplikas video serta audio recognize (pengenalan suara).
 
-Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Masih pada tahun 1999 Intel kembali meluncurkan processor Intel Pentium III Xeon yang di targetkan untuk pasar komputer server dan workstation. Kemampuan Pentium III Xeon dapat mempercepat pengolahan informasi dari sistim bus ke processor secara signifikan.
 
Nah, dekian dulu artikel Tingkatan Processor Intel Di Era 1980 Hingga 1990-an semoga bermanfaat untuk anda.
Baca juga artikel ini VGA On Board Dan Fungsinya
Share this -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *